Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2023, 10:25 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking Gedung Kepolisian Resor (Polres) Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/12/2023).

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Polres Khusus Kawasan IKN," kata Jokowi, dikutip dari siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden (Setpres).

Dengan dibangunnya Gedung Polres IKN, Jokowi berharap ibu kota baru tersebut bebas kriminalitas.

"Ini akan kita jadikan contoh bahwa IKN adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depan yang berkaitan dengan kriminalitas utamanya," tegas Jokowi.

Gedung Polres IKN akan diperkuat kurang lebih sebanyak 750 personel yang wilayah kerjanya meliputi 6 Kepolisian Sektor (Polsek).

"Saya harap kehadiran Polres Khusus IKN ini betul-betul akan meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, memperkuat penegakan hukum, meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah IKN," lanjut Jokowi.

Baca juga: Transportasi Ramah Lingkungan di IKN Diluncurkan, Ada Taksi hingga Bus

Gedung Polres IKN dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 12 hektar dengan rancangan luas gedung mencapai 6.189 meter persegi.

Jokowi menyebut, pembangunan Gedung Polres IKN menghabiskan anggaran sebesar Rp 160 miliar dengan masa proyek selama 9 bulan.

Gedung Polres IKN akan dilengkapi dengan CCTV di semua sudut bangunan hingga command center.

"Saya minta juga gedung yang khusus, didesain khusus yaitu gedung yang green building ," tandas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com