Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2023, 12:44 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai pembangunan gedung Komando Distrik Militer (Kodim) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (21/12/2023).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini pembangunan gedung Kodim di IKN saya nyatakan dimulai," ujarnya dikutip dari siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Kodim tipe A ini akan dibangun pada lahan seluas 3,29 hektar. Mencakup kantor kodim, hunian personel, pos dan rumah jaga, gudang amunisi, aula, serta prasarana lainnya.

Kepala Negara berpesan agar desain Kodim IKN menerapkan konsep yang modern dan bangunan hijau.

"Sehingga nantinya Kodim-Kodim di Tanah Air bisa melihat bangunan Kodim yang ada di IKN ini sebagai contoh, sebagai patokan. Dan memang harus disesuaikan dengan visi IKN, forest city," tuturnya.

Baca juga: Bangun Gedung Polres IKN, Jokowi Ingin IKN Bebas Kriminalitas

Seiring dengan konsep IKN yang forest city atau kota hutan, dia juga meminta dalam pembangunan Kodim IKN tidak menebang pohon-pohon di sekitarnya.

:Saya titip karena ini kawasan hijau, lingkungan hijau, sehingga pohon-pohon yang bagus di lingkungan ini jangan sampai terlalu banyak yang ditebang, kalau bisa menghindari, hindari," terangnya.

Keberadaan Kodim IKN yang merupakan Kodim tipe A ini akan melaksanakan tugas-tugas pengamanan Ibu Kota Negara dan mendukung serta melindungi IKN dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara.

"Saya berharap keberadaan Kodim IKN ini akan membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah dan menjaga IKN serta menegakkan kedaulatan negara," pungkas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com