Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kartasura-Karanganom Bisa Dilintasi Gratis hingga 3 Januari 2024

Kompas.com - 22/12/2023, 09:41 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mengoperasikan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Ruas Kartasura-Karanganom sepanjang 13 kilometer secara fungsional pada libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat menjelaskan, Ruas Kartasura-Karanganom akan dioperasikan dalam dua periode, yakni periode arus mudik dan arus balik.

Periode arus mudik berlangsung pada 22-31 Desember 2023 dan periode arus balik pada 1-3 Januari 2024.

Adapun ruas fungsional yang hanya dibuka pada pukul 06.00-17.00 WIB ini bisa dilintasi tanpa tarif.

"Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda empat golongan I non-bus dan non-truk, tidak untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 kilometer per jam," jelas Suchandra, dikutip dari keterangan resmi.

Ruas ini menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta, sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari Gerbang Tol (GT) Colomadu menuju Klaten.

Baca juga: Tol Kartasura-Karanganom Mulai Difungsikan, Ini Rute Pengoperasiannya

Akses masuk ruas fungsional dari jalan nasional akan melalui on/off Banyudono yang berjarak sekitar 700 meter dari GT Colomadu.

Pada periode arus mudik atau tanggal 22-31 Desember 2023 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans-Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta.

Untuk pengguna jalan yang menuju Klaten dan/atau Yogyakarta, dapat mengakses jalur fungsional melalui Flyover Ngasem di STA 0+600 hingga GT Karanganom untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Sementara bagi pengguna jalan dari GT Colomadu yang menuju Boyolali dan/atau Kartasura, juga akan dialihkan melalui Flyover Ngasem melalui GT Banyudono untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Semarang.

Pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Tol Trans-Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu pada periode arus mudik ini.

Sedangkan pada periode arus balik atau tanggal 1-3 Januari 2024 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura dan GT Karanganom menuju GT Colomadu untuk tujuan Tol Trans-Jawa.

Sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Tol Trans-Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com