Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Tol JORR 2 Punya Tambahan Dua Ruas Tol Beroperasi

Kompas.com - 22/12/2023, 07:41 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Tambahan dua ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 telah beroperasi dan tersambung dalam rangka mendukung kelancaran konektivitas jalan tol di Jabodetabek.

Kedua ruas tol tersebut adalah Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Junction Krukut-Cinere sepanjang 2,2 Km dan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km.

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Kamis (21/12/2023), pengoperasian kedua ruas tol tersebut dimulai pada Jumat (22/12/2023) pukul 00.00 WIB untuk semua golongan kendaraan dan saling terhubung, serta tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2.

Meski belum diberlakukan tarif, pengguna dua ruas tol itu tetap wajib membawa kartu uang elektronik (e-toll).

Baca juga: Jumat 22 Desember, Cimanggis-Bandara Soekarno Hatta Tersambung Tol

Untuk Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 1 hingga 3A Jagorawi-Junction Krukut yang telah beroperasi sejak lama tetap berbayar sesuai tarif yang telah ditentukan.

Begitu pula Jalan Tol Serpong-Cinere yang telah beroperasi sejak lama dari Serpong hingga Pamulang juga tetap melakukan pembayaran sesuai tarif yang telah ditentukan.

Kedua ruas tol yang mulai dioperasikan dan belum bertarif ini diharapkan bakal memudahkan akses warga Bogor dan Depok yang hendak menuju ke Bandara Soekarno-Hatta.

Sehingga Jarak dari wilayah Cimanggis, Depok, menuju bandara sekitar 50 Km dengan kecepatan kendaraan 80 Km per jam, bisa ditempuh sekiar 30 menit.

Jalan Tol Cinere-Jagorawi membentang sepanjang 14,9 Km yang terdiri dari tiga seksi, yaitu Seksi 1 Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,70 Km telah beroperasi pada Januari 2012, sedangkan Seksi 2 Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,50 Km telah beroperasi pada September 2019 lalu.

Kemudian untuk Seksi 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,50 Km telah beroperasi sejak akhir tahun 2022, dilanjutkan seksi 3B Junction Krukut-Cinere sepanjang 2,2 Km.

Jalan Tol Cinere-Jagorawi akan menghubungkan beberapa ruas Tol JORR 2 lainnya, yakni di sisi Barat Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, lalu di sisi Timur Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, serta terkoneksi dengan beberapa ruas tol lain seperti Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Depok-Antasari.

Dengan adanya Jalan Tol Cinere-Jagorawi, pergerakan dari Bogor ke Jakarta akan semakin lancar, yakni dapat ditempuh dengan waktu berkendara sekitar 45 menit.

Selain itu juga diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, juga akan mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Depok.

Baca juga: Tol Kartasura-Karanganom Dibuka Sementara Mulai 22 Desember 2023

Beralih ke Jalan Tol Serpong-Cinere, sebelumnya telah beroperasi Seksi 1 Jalan Serpong-Pamulang sepanjang 6,50 Km sudah beroperasi sejak April 2021.

Kemudian bertambah Seksi 2 Pamulang-Cinere dengan tambahan 3,64 Km telah tersambung, sehingga total Jalan Tol Serpong-Cinere yang telah beroperasi menjadi 10,14 Km.

Jalan Tol JORR 2 berperan penting dalam menambah alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten.

Sehingga pengguna jalan yang tinggal di sekitar Jabotabek juga dapat menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota baik dari arah Tanjung Priok maupun arah Cawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com