Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Tol Pamulang-Cinere Beroperasi, Diskon Tarif Tol Trans-Jawa, dan Uji Coba MLFF

Kompas.com - 22/12/2023, 07:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku pengelola Jalan Tol Serpong-Cinere akan mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere pada Jumat (22/12/2023) pukul 00.00 WIB.

Jalan tol Pamulang-Cinere yang memiliki panjang 3,64 KM akan tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ).

Direktur Utama PT CSJ, Mirza Nurul Handayani menjelaskan untuk Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere belum dikenakan tarif tol.

Namun, bagi pengguna jalan baik dari arah Bogor menuju Serpong, Kunciran, Bandara serta sebaliknya, pengguna jalan akan tetap melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Limo Utama, GT Limo 1 dan GT Limo 2 yang dikelola oleh PT TLKJ.

Ketika beroperasi, ujung dari main road Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere di Km 35+262 akan tersambung langsung dengan main road dari Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo.

Baca informasi lengkapnya di sini Jumat 22 Desember, Tol Pamulang-Cinere Resmi Beroperasi

Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dari Jakarta ke arah barat melalui Jalan Tol Trans-Jawa pada Kamis (21/12/2023) akan mendapatkan potongan tarif sebesar 10 persen.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Lisye Octaviana mengatakan, diskon tarif tol diberikan untuk memecah puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada Jumat (22/12/2023)-Sabtu (23/12/2023).

"Kenapa tanggal 21 Desember 2023 karena untuk memecah puncak yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 22 dan 23 Desember 2023, makanya kami berlakukan potongan tarif pada besok tanggal 21 Desember 2023," ujar Lisye dalam konferensi pers di Pos Pantau Cikampek, Rabu (20/12/2023).

Namun demikian, potongan tarif tol ini hanya diberikan untuk pengguna jalan tol yang melakukan perjalanan menerus dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama) ke GT Kalikangkung.

Selain pada masa mudik, diskon tarif tol juga diberikan pada masa arus balik yakni pada tanggal 28 Desember 2023 dan 3 Januari 2024.

Lantas, apa syarat pengguna jalan tol agar bisa mendapatkan diskon tarif ini? Cek di sini Mudik Kamis 21 Desember Lewat Tol Trans-Jawa Dapat Diskon 10 Persen

Uji coba transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) telah dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Ngurah Rai, Jalan Tol Bali Mandara, Jumat (15/12/2023).

Pada tahap awal, uji coba MLFF masih menggunakan barrier atau palang tol untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerugian.

Namun uji coba tersebut dianggap gagal oleh Koalisi Masyarakat Peduli Tol Indonesia (KAMTI) karena banyak mobil yang tertimpa palang tol.

Menanggapi hal ini Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir mengatakan, hal tersebut sengaja dilakukan selama uji coba untuk melihat pengendara mana yang belum mendaftarkan kendaraannya pada aplikasi Cepat Tanpa Stop (Cantas).

"Itu memang kita sengaja untuk melihat berapa kira-kira gap pada saat mobil yang kira-kira belum teregister itu masuk apakah bisa ke-detect atau tidak?," kata Munir saat ditemui di Pos Pantau Cikampek, Rabu (20/12/2023).

Dalam arti, mobil-mobil yang tertimpa palang tol tersebut adalah mobil yang belum terdaftar di aplikasi Cantas.

Baca informasi lengkapnya di sini BPJT Sengaja Membiarkan Mobil Tertimpa Palang saat Uji Coba MLFF

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com