Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat 22 Desember, Cimanggis-Bandara Soekarno Hatta Tersambung Tol

Kompas.com - 21/12/2023, 19:44 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat dari arah Bogor atau Depok yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta sudah bisa menggunakan akses tol baru per Jumat (22/12/2023).

Hal ini seiring dengan dioperasikannya dua ruas tol secara fungsional mulai tengah malam Jumat nanti, yakni Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Junction Krukut-Limo dan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere.

Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) Hilman Muchsin menuturkan, Tol Cijago Seksi 3B sepanjang 2,19 kilometer telah lulus Uji Laik Fungsi dan mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta Surat Keputusan (SK) Operasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2 Oktober 2023 lalu.

"Untuk periode libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, Tol Cijago Seksi 3B masih dikenakan tarif eksisting atau tarif lama sebesar Rp 9.000 sampai diputuskannya tarif terbaru," tulisnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Saat pengoperasian penuh Tol Cijago, sudah tidak ada lagi kanalisasi khususnya di Gerbang Tol (GT) Kukusan serta seluruh ramp di Junction Krukut akan dibuka.

Dengan selesainya Tol Cijago Seksi 3B, maka seluruh ruas Tol Cijago telah tersambung, sehingga dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.

Baca juga: Ada Diskon Tarif Tol Kanci-Pejagan 10 Persen, Catat Tanggalnya

Tol Cijago terintegrasi dengan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Cimanggis-Cibitung di Junction Cimanggis.

Di sisi barat, Tol Cijago terhubung dengan Tol Depok-Antasari menuju ke Blok M atau Sawangan yang terintegrasi di Junction Krukut.

Selain itu, tol ini juga terintegrasi dengan Tol Serpong-Cinere yang kian memudahkan akses masyarakat menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul mengatakan, dioperasikannya Ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 kilometer akan memudahkan warga dari arah Bogor atau Depok yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng.

Jarak dari Cimanggis ke Cengkareng adalah sekitar 50 kilometer dengan volume capacity ratio (V/C Ratio) masih di 0,2. Maka, jarak tempuh dari Cimanggis ke Bandara lewat Tol Serpong-Cinere hanya sekitar 30 menit.

"50 kilometer dengan kecepatan kendaraan 80 kilometer per jam, dari Cimanggis ke Bandara mungkin bisa 20-30 menit," jelas Mirza dalam site visit Tol Serpong-Cinere, Senin (18/12/2023).

Bagi pengguna jalan baik dari arah Bogor menuju Serpong, Kunciran, Bandara serta sebaliknya, akan tetap melakukan transaksi di GT Limo Utama, GT Limo 1 dan GT Limo 2 yang dikelola oleh PT TLKJ.

"Dengan tersambungnya jalan tol dimaksud, pengguna jalan yang masuk atau keluar di Limo ataupun yang terus dari atau menuju Jalan Tol Jagorawi tetap akan melakukan transaksi di GT Limo Utama, GT Limo 1 dan GT Limo 2 dengan besaran tarif tol untuk Jalan Tol Cijago yang telah beroperasi sebelumnya," ujar Mirza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com