Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengah Malam Jumat Ini, Tol Cijago Seksi 3B Bisa Dibuka Sementara

Kompas.com - 21/12/2023, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Ruas Junction Krukut-Limo sepanjang 2,19 kilometer akan dioperasikan secara fungsional pada Jumat (22/12/2023) pukul 00.00 WIB.

Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) Hilman Muchsin menuturkan, Tol Cijago Seksi 3B ini telah lulus Uji Laik Fungsi dan mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta Surat Keputusan (SK) Operasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2 Oktober 2023 lalu.

"Untuk periode libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, Tol Cijago Seksi 3B masih dikenakan tarif eksisting atau tarif lama sebesar Rp 9.000 sampai diputuskannya tarif terbaru," tulisnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Saat pengoperasian penuh Tol Cijago, sudah tidak ada lagi kanalisasi khususnya di Gerbang Tol (GT) Kukusan serta seluruh ramp di Junction Krukut akan dibuka.

Dengan selesainya Tol Cijago Seksi 3B, maka seluruh ruas Tol Cijago telah tersambung, sehingga dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.

Tol Cijago terintegrasi dengan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Cimanggis-Cibitung di Junction Cimanggis.

Baca juga: Jumat 22 Desember, Tol Pamulang-Cinere Resmi Beroperasi

Di sisi barat, Tol Cijago terhubung dengan Tol Depok-Antasari menuju ke Blok M atau Sawangan yang terintegrasi di Junction Krukut.

Selain itu, tol ini juga terintegrasi dengan Tol Serpong-Cinere yang kian memudahkan akses masyarakat menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Sebagai informasi, total panjang Tol Cijago adalah 14,64 kilometer yang terdiri dari empat seksi.

Seksi 1 Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,7 kilometer telah beroperasi pada Februari 2012, Seksi 2 Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 kilometer telah beroperasi pada Januari 2020, dan Seksi 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,25 kilometer telah beroperasi pada Desember 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com