Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 107,63 Juta Orang Diprediksi Liburan Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 19/12/2023, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai persiapan dilakukan dalam menyelanggarakan angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Hal ini karena terdapat potensi pergerakan masyarakat sebanyak 107,63 juta orang yang akan berlibur, atau melonjak 143 persen dibanding tahun 2022 sebanyak 44,17 juta orang.

Kepala Sub Direktorat Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Jalan Direktorat Lalu Lintas Jalan Kementerian Perhubungan Rudi Irawan menuturkan, alasan masyarakat bepergian pada masa libur Natal dan Tahun Baru yang paling tertinggi adalah liburan ke lokasi wisata sebanyak 45,29 persen.

"Kemudian liburan pulang kampung 30,15 persen, dan merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman 18,98 persen," ungkap Rudi, Selasa (19/12/2023).

Dia menambahkan, pergerakan pada masa Natal dan Tahun Baru diperkirakan akan didominasi oleh kendaraan pribadi yaitu mobil 35,57 persen atau 39,97 juta orang dan sepeda motor 17,92 persen atau 20,14 juta orang. 

Baca juga: Sambut Libur Natal dan Tahun Baru, Astra Tuntas Lebarkan Dua Ruas Tol

"Penggunaan moda terbanyak masih menggunakan angkutan jalan total sekitar 65,2 persen," imbuh Rudi.

Adapun pilihan rute pengguna kendaraan roda empat pelaku perjalanan libur Natal dan Tahun Baru adalah Tol Trans-Jawa sebanyak 31,66 persen.

Disusul Tol Cipularang 19,12 persen, Tol Jagorawi 15 persen, dan Tol Jakarta-Merak sebanyak 7,35 persen.

"Di antara ruas-ruas tersebut terdapat 396 kilometer tol kelolaan Astra Infra," sebut Rudi.

Adapun Astra Infra, dalam mendukung kelancaran arus libur Natal dan Tahun Baru telah mempersiapkan sejumlah hal.

Sebagaimana dipaparkan Group CEO Astra Infra Firman Yosafat Siregar, bahwa perusahaan telah melakukan persiapan infastruktur dan layanan serta terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol,

Baca juga: Nih Tarif Tol dari Merak ke Probolinggo, Pastikan Saldo Tercukupi

Persiapan dimaksud adalah pertama, prasarana infrastruktur konektivitas. Perusahaan telah melakukan pelebaran lajur ketiga di dua ruas tol.

Masing-masing Tol Tangerang-Merak ruas Cikande-Serang Timur dari Km 51 hingga Km 72 dan Tol Cikopo-Palimanan dari Km 72 hingga Km 85, Rest Area Km 86, Km 101, Km 102, dan Km 130 arah Jakarta dan Cirebon yang telah diselesaikan pada November 2023.

"Selain itu, kami juga memastikan kondisi jalan yang siap digunakan, beautifikasi marka jalan dan perambuan,” kata Group COO Astra Infra Billy Perkasa Kadar.

Persiapan kedua terkait layanan. Astra Infra mengantisipasi kepadatan telah menyiapkan fasilitas Gardu Transaksi Tendem, Mobile Reader, Struk Digital dan sarana pendukung serta petugas yang siap membantu transaksi di gerbang.

Baca juga: Info Terkini Tol Pamulang-Cinere, Jam Operasional hingga Perkiraan Tarif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com