Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pamulang-Cinere Siap Dilintasi, dari Cimanggis ke Bandara Soekarno-Hatta Cuma 30 Menit

Kompas.com - 18/12/2023, 11:26 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) siap mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 kilometer pada libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Ruas Pamulang-Cinere merupakan Seksi 2 Jalan Tol Serpong-Cinere dengan panjang total 10,14 kilometer. Sementara Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer telah beroperasi sejak April 2021.

Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul mengatakan, dioperasikannya Ruas Pamulang-Cinere akan memudahkan warga dari arah Bogor atau Depok yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng.

Jarak dari Cimanggis ke Cengkareng adalah sekitar 50 kilometer dengan volume capacity ratio (V/C Ratio) masih di 0,2. Maka, jarak tempuh dari Cimanggis ke Bandara lewat Tol Serpong-Cinere hanya sekitar 20-30 menit.

"50 kilometer dengan kecepatan kendaraan 80 kilometer per jam, dari Cimanggis ke Bandara mungkin bisa 20-30 menit," jelas Mirza dalam site visit Tol Serpong-Cinere, Senin (18/12/2023).

Pada kesempatan yang sama, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, ruas Pamulang-Cinere akan terintegrasi dengan Tol Cinere-Jagorawi di Seksi Krukut-Cinere yang dioperasikan oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ).

Baca juga: Tiga Ruas Tertua di Tol Trans-Jawa, Ada yang Beroperasi Sejak 1983

"Ruas ini nantinya akan melengkapi segmen Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, siap untuk dioperasikan secara fungsional pada Natal-tahun baru yang akan dimulai pada pekan ini sampai 4 Januari 2024," ujar Lisye.

Selain itu, Tol Serpong-Cinere turut diharapkan bisa mengurangi kepadatan kendaraan di Tol JORR 1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com