Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Penjualan Rumah di Jabar Tumbuh, Perizinan Masih Mengganjal

Kompas.com - 06/12/2023, 17:54 WIB
Reni Susanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Penjualan sektor properti, terutama perumahan, di Jawa Barat (Jabar) diperkirakan akan terus tumbuh pada tahun politik 2024.

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jabar Lia H Nastiti mengatakan, pada 2023, sektor properti menunjukkan pertumbuhan, meskipun belum kembali normal seperti sebelum Covid-19.

Tahun depan, sektor ini diperkirakan terus bergerak naik seiring mudahnya akses Jakarta-Bandung dan sebaliknya dengan menggunakan Whoosh.

Baca juga: Pemerintah Gelontorkan Rp 3,7 Triliun buat Tiga Insentif Perumahan

“Akses Jakarta-Bandung-Jakarta sangat mudah, bisa menggunakan kereta cepat atau jalur tol. Kemudahan ini diperkirakan akan mendorong penjualan properti di Jabar,” ujar Lia pada acara Diklat Short Course Aplikasi Perbankan dan Perizinan Perumahan di Bandung, Rabu (6/12/2023).

Selain kelas premium, perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga terus meningkat. Data terakhir, penjualan perumahan MBR mencapai 20.000 unit.

Perizinan

Namun demikian, salah satu persoalan yang masih mengganjal pengembang adalah perizinan. Sebab prosesnya masih terbilang lama.

Karena itu, DPD REI Jabar menggelar Diklat untuk memudahkan pengusaha properti di Jabar melakukan proses perizinan secara online.

“Diklat perizinan ini diharapkan akan mempermudah para pengembang dalam mengurus perizinan. Karena kecepatan perizinan ini sangat penting, baik untuk konsumen atau perbankan," ucap Lia.

Sementara, Ketua Tim Penyelenggara Helpdesk REI Turino Junaedi mengatakan, proses perizinan adalah komponen penting dalam membangun perumahan.

Namun sayangnya, proses perizinan perumahan terkadang cukup lama, bisa lebih dari satu tahun.

“Makanya, kami DPP REI membentuk helpdesk untuk mempercepat perizinan itu dengan mempergunakan sistem online, single submission," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com