Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gading Serpong Akan Punya Tiga Akses Baru, Terkoneksi Perumahan Besar

Kompas.com - 19/11/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Paramount Land menyiapkan jalan baru untuk memperlancar akses dari Gading Serpong di sisi selatan melalui klaster Pasadena di Jalan Bulevar Gading Serpong ke kawasan sisi utara BSD City di Jalan BSD Bulevar Utara-Jalan Raya Pagedangan.

Tidak jauh dari gerbang tol BSD Barat di Jalan Tol Serang-Balaraja yang menyambung  dengan Jalan Tol Ulujami-Serpong dan merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR 3) yang saat ini sedang dibangun.

Akses jalan baru sepanjang 1,2 kilometer itu dirancang selebar 45 meter. Bulevar atau jalan utama itu juga akan dihubungkan dengan kawasan komersial Sorrento Grande West dan Pisa Grande yang ramai dan hidup.

Direktur Planning dan Design Paramount Land Henry Napitupulu mengatakan, akses menuju BSD City ini nantinya melalui bulevar utama Pasadena terus ke kawasan Vanya Park BSD yang terkoneksi langsung dengan Jalan BSD Raya Utama, Serpong.

"Dengan akses jalan itu penghuni dan masyarakat umum di Gading Serpong dan sekitarnya tidak harus lewat Jalan Gatot Subroto, Gading Serpong," jelasnya dalam keterangan tertulis, Minggu (19/11/2023).

Baca juga: Paramount Luncurkan Area Komersial Baru di Gading Serpong

Dalam membangun kota Gading Serpong dan sekitarnya, Paramount Land bekerja sama serta bersinergi dengan Summarecon Serpong dan Sinarmas Land.

"Kami telah menyepakati untuk merealisasikan konektivitas melalui jalan Boulevard ROW 45 yang saat ini telah berjalan kontruksinya. Jadi nanti ada dua lajur masing-masing ROW 45," ujarnya.

Selain itu, Paramount Land juga akan membuat konektivitas dengan perumahan Summarecon Serpong dan Jalan Raya Serpong.

"Kami nggak mau tertutup. Makin banyak akses dan konektivitas, makin baik bagi pengembangan sebuah kota baru. Gading Serpong bisa lebih hidup karena kawasannya konek dengan (perumahan berskala kota lain di dekatnya seperti) BSD City, Lippo Village dan Summarecon Serpong. Jadi, majunya bisa sama-sama. Maret tahun depan (2024) sudah bisa trial (akses itu)," terangnya.

Akses jalurnya, dari Jalan Bulevar Matera di dalam cluster Matera Residence terus sepanjang 1,4 km ke arah Jalan Telaga Serpong Raya tembus ke The Spring Lake Summarecon Serpong melalui jalan penghubung berupa jembatan selebar 28 meter.

Jalan tembus ini mempermudah penghuni Gading Serpong sisi selatan bahkan warga BSD City dan sekitarnya untuk menuju ke Jalan Raya Serpong, tanpa perlu melewati jalan utama Gading Serpong maupun Jalan Pahlawan Seribu dari arah BSD.

"Langsung masuk ke Matera Residences, sudah tembus kemana-mana. Lebar jalan kami besarkan dari ROW 16 ke 28 meter. Saat ini sedang dalam pengerjaan, jalurnya sudah ada, sebagian sudah diaspal," imbuhnya.

Akses baru ketiga adalah Jalan Bulevar Sorento selebar 28 meter yang sudah dibuka untuk umum, sebagai jalan alternatif dari Jalan Bulevar Gading Serpong menuju BSD City.

Akses ini juga tersambung dengan kawasan komersial Manhattan District dan perumahan premium Matera Residence.

Baca juga: Gading Serpong The City That Never Sleeps yang Terus Melesat

Jalur ini berada di sisi utara Gading Serpong yang akan melewati sisi samping jalan rumah sakit Bethsaida (seberang Jalan Terusan Pondok Hijau Golf) yang kini sedang dalam pengerjaan.

Rampungnya akses ketiga ini diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antar wilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Tangerang Raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com