Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Bisa Dilintasi Saat Natal-Tahun Baru

Kompas.com - 05/12/2023, 09:20 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo akan dioperasikan secara fungsional pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Corporate Secretary and Chief Administration Officer PT Jasa Marga (Persero) Tbk Nixon Sitorus dalam konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta pada Senin (4/12/2023).

"Untuk nanti Natal-Tahun Baru juga sudah kami siapkan fungsional kurang lebih 13 kilometer, baik untuk arus mudik maupun arus balik," jelas Nixon.

Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo memiliki panjang jalan 96,57 kilometer.

Saat ini tengah diselesaikan pembangunan tahap I yakni Ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,30 kilometer.

Per awal Desember 2023, progres pembebasan lahan Ruas Kartasura-Klaten mencapai 95,34 persen dengan progres konstruksi 71,02 kilometer.

Baca juga: Kamis Ini, Ada Pemasangan Gelagar Rambu di Ruas Tol Japek

Selain Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, Jasa Marga juga akan mengoperasikan secara fungsional Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

"Natal-Tahun Baru kita akan memfungsionalkan sekitar 8 kilometer, one way arus balik dari luar Jakarta menuju Jakarta," tutur Nixon.

Sedangkan progres pembebasan lahan proyek Tol Japek II Selatan tahap I yakni Sukabungah-Sadang sepanjang 31,25 kilometer sudah mencapai 96,92 persen dengan progres konstruksi 85,22 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com