Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Periode Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Gratiskan 5 Ruas Jalan Tol Ini

Kompas.com - 04/12/2023, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pemerintah berencana akan mengoperasikan jalan tol baru secara fungsional.

Tol yang berada di Pulau Jawa dan Sumatera tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat tanya dipungut biaya alias gratis.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan setidaknya terdapat 5 ruas jalan tol yang akan difungsionalkan.

Dikatakan, 2 ruas tol fungsional akan berlokasi di Pulau Jawa. Sementara 3 ruas tol lainnya berada di Pulau Sumatera.

Baca juga: Tak Tergoyahkan, Jasa Marga Masih Jadi Penguasa Jalan Tol di Indonesia

“Untuk dapat difungsikan pada Nataru adalah Tol Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang,” kata Menteri Basuki seperti dikutip dari kanal YouTube Komisi V DPR RI Channel, Selasa (2/11/2023).

Kemudian, tol lainnya yang akan difungsionalkan adalah Tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Karanganom sepanjang 13 kilometer.

Menutur Menteri Basuki, tol tersebut sudah sempat dibuka secara fungsional pada Lebaran 2023. Namun, hanya baru sampai ke daerah Pakis, Magelang.

 

“Lebaran lalu baru sampai dengan Pakis, tapi pada Nataru ini insyaallah akan sudah bisa sampai ke Karanganom sepanjang 13 kilometer,” paparnya.

Kemudian, tiga ruas tol di Sumatera yang difungsionalkan pada periode Natal dan Tahun Baru kali ini ini memiliki total panjang sejauh 115 kilometer.

Ketiga ruas tersebut masing-masing Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat), Bangkinang-Tanjung Alai, dan Tol Binjai-Langsa.

Baca juga: Anies Bakal Teruskan Bangun Jalan Tol, tapi Tanpa Ambil Tanah Rakyat

“Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat 71 kilometer, Bangkinang-Tanjung Alai 25 kilometer, dan Binjai-Langsa di seksi Kuala Bingai, Tanjungpura 19 kilometer,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com