Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIKA Bakal Lepas Kepemilikan Lima Ruas Jalan Tol, Apa Saja?

Kompas.com - 01/12/2023, 09:15 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA berencana melakukan divestasi (lepas kepemilikan saham) lima ruas jalan tol yang dimiliki.

Metode restrukturisasi Perseroan berupa asset recycling tersebut dilakukan dalam rangka memperbaiki kinerja keuangannya.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko WIKA, Adityo Kusumo menyampaikan, saat ini Perseroan sedang mengupayakan untuk melakukan divestasi atas aset-aset jalan tol yang dimiliki.

"Di antaranya Jalan Tol Soreang Pasir-Koja, Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Jalan Tol Semarang-Demak, dan sebagian ruas Jalan Tol Serang-Panimbang," jelasnya dalam Laporan Hasil Public Expose Live 2023 di laman Keterbukaan Informasi BEI pada Kamis (30/11/2023).

Baca juga: Disetujui dalam RUPSLB, WIKA Segera Lakukan Restrukturisasi

Untuk itu, ke depannya WIKA belum berencana untuk melakukan investasi baru dan berupaya dapat fokus untuk asset recycling dengan pengembalian yang baik.

"Sehingga dapat memperkuat posisi kas operasi dan menurunkan leverage Perseroan," pungkas Adityo Kusumo.

Untuk diketahui, kinerja kuangan per Kuartal III-2023, WIKA membukukan pendapatan neto sebesar Rp 15,07 triliun. Jumlah itu naik dari periode yang sama tahun 2022 yaitu Rp 12,7 triliun.

Kendati pendapatan mengalami kenaikan, rugi yang dicatatkan Perseroan juga melonjak berkali-kali lipat secara tahunan (YoY).

Per Kuartal III-2023, WIKA mencatatkan rugi sebesar Rp 5,84 triliun. Jumlah itu lebih besar dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu yaitu Rp 27,96 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com