Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Tawarkan Tol Pemalang-Batang ke Calon Investor di AIPF

Kompas.com - 07/09/2023, 09:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) akan melepas kepemilikan saham pada Jalan Tol Pemalang-Batang.

Untuk mewujudkannya, salah satu upaya yang dilakukan Perseroan yaitu dengan berpartisipasi dalam acara ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) Business Matching pada Rabu (06/09/2023).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, forum AIPF memberikan kesempatan bagi sejumlah BUMN, termasuk Waskita Karya, untuk menyampaikan capaian kepada calon investor maupun mitra strategis.

"Saya berharap Waskita dapat memanfaatkan kesempatan dalam AIPF untuk menjalin banyak kerja sama maupun kolaborasi dengan investor maupun mitra strategis," ujarnya Erick dalam keterangan resmi.

Baca juga: Waskita Batal Dapat PMN Rp 3 Triliun buat Tuntaskan Tol Kapal Betung dan Bocimi

SVP Corporate Secretary Perseroan Ermy Puspa Yunita menyampaikan, saat ini, WTR memiliki saham di 10 ruas tol di Pulau Jawa dan Sumatera dengan total panjang 548 km yang telah beroperasi penuh maupun beroperasi sebagian.

Namun sejak tahun 2019, WTR telah melaksanakan aksi korporasi pelepasan kepemilikan saham di beberapa ruas tol sebagai salah satu strategi bisnis Waskita Karya group melakukan asset recycling.

"Salah satu fokus WTR tahun ini adalah melanjutkan aksi korporasi pelepasan saham jalan tol yang dimiliki oleh WTR, salah satunya pada Jalan Tol Pemalang-Batang," katanya.

WTR merupakan pemegang saham mayoritas pada PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jalan Tol Pemalang-Batang, dengan kepemilikan 60%.

Sebagai bagian Jalan Tol Trans-Jawa, Jalan Tol Pemalang-Batang telah beroperasi penuh sejak tahun 2018 dengan total panjang 39,2 km.

Selain terkoneksi dengan sejumlah kota di Pulau Jawa, khususnya di Provinsi Jawa Tengah, Jalan Tol Pemalang-Batang juga terkoneksi dengan sejumlah ruas Tol Trans-Jawa lainnya, seperti Tol Pejagan-Pemalang di sisi barat, serta Tol Batang-Semarang di sisi Timur.

Baca juga: Waskita Bakal Divestasi Jalan Tol Pemalang-Batang

Menurut Ermy, adanya Jalan Tol Pemalang-Batang dapat memangkas waktu perjalanan dari Pemalang menuju Batang dari semula lebih dari 2 jam menjadi 39 menit.

"Selain itu, PBTR berada di lokasi strategis yang menjadikan Jalan Tol Pemalang-Batang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di Jawa Tengah termasuk dari sektor industri, barang dan jasa," tukasnya.

Jalan Tol Pemalang-Batang juga turut mempermudah konektivitas ke sejumlah destinasi wisata, seperti Kota Kajen, Wisata Lolong, Wisata Dieng, Wisata Petungkriyono, Pantai Cemoro Sewu, Pantai Ujung Negoro, Kebun Teh Pegilaran, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com