Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsional Tol Probolinggo Timur-Gending Diperpanjang hingga 11 September

Kompas.com - 06/09/2023, 08:45 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak usahanya, PT Transjawa Paspro Jalan Tol (TPJT) memperpanjang masa operasional tanpa tarif pada Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seksi Probolinggo Timur-Gending hingga 11 September 2023.

Ruas tol dengan panjang 8,57 km tersebut sebelumnya telah beroperasi fungsional sejak 17 Agustus 2023 lalu, dan direncanakan berakhir pada 4 September 2023.

Ada pun pengoperasian fungsional ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi awal sebelum pengoperasian penuh atau bertarif seksi Probolinggo Timur-Gending dalam waktu dekat.

Sejak pengoperasian fungsional tersebut, minat dan antusiasme masyarakat terhadap Jalan Tol Paspro semakin meningkat.

Di mana hingga 3 September 2023, tercatat adanya peningkatan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) hingga 14 persen.

Baca juga: Sebentar Lagi Naik, Catat Tarif Terbaru Tol Belmera

Peningkatan LHR ini diperkirakan akan terus meningkat walaupun ruas ini telah resmi beroperasi secara penuh atau bertarif.

President Director WTR, Daniel F. Liman menyampaikan, peningkatan LHR Tol Paspro menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat atas hadirnya seksi Probolinggo Timur-Gending.

"Ini juga menjadi harapan bagi kami untuk meningkatkan kualitas performa dalam melayani masyarakat melalui jalan tol Paspro dalam mempercepat konektivitas antar kota," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (06/09/2023).

Jalan Tol Paspro hadir sebagai bagian dari Tol Trans-Jawa menciptakan konektivitas bagi masyarakat Jawa Timur, khususnya masyarakat yang berada di sekitar Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo.

Jalan tol dengan total panjang 39,85 km itu dapat menghemat waktu tempuh dari Pasuruan ke Probolinggo yang semula membutuhkan waktu 2 jam, kini dapat ditempuh dalam kurun waktu 45 menit.

Dengan mudahnya akses konektivitas antar daerah, Jalan Tol Paspro dapat meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, termasuk pada sektor pariwisata, seperti Kawasan Strategis Wisata Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com