Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadaan Lahan di Tol Cijago Seksi 3B Habiskan Dana Rp 3,7 Triliun

Kompas.com - 04/09/2023, 17:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai dengan Agustus 2023, Lembaga Manajemen Aset Nasional (LMAN) telah mengucurkan dana sebesar Rp 3,768 triliun untuk pengadaan lahan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.

Direktur Pengadaan Lahan LMAN, Qoswara dalam Laporan Kinerja Optimalisasi Aset dan Pengadaan Pendanaan Lahan menyampaikan kehadiran jalan tol ini sangat penting untuk warga Depok dan warga Bogor.

Jalan tol Cijago Seksi 3 Bakan diresmikan dalam waktu dekat dan merupakan salah satu titik terpenting untuk menghubungkan warga Depok dan warga Bogor ke Bandara,” jelasnya.

Baca juga: Beres Uji Laik Fungsi, Seksi Pamungkas Tol Cijago Segera Beroperasi

Dikatakan, hadirnya jalan tol Cijago Seksi 3 B dalam memangkas waktu tempuh ke Bandara Soekarno-Hatta menjadi kurang lebih 40 menit saja.

Ditargetkan akan segera beroperasi, jalan tol Cijago Seksi 3B Junction Krukut-Cinere diketahui telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) pada 18 Agustus 2023 lalu.

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) kegiatan ULF Jalan Tol Cijago Seksi 3B dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

 

Kini, ruas tol tersebut menunggu dikeluarkannya Sertifikat Laik Operasi dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk dapat dioperasikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Translingkar Kita Jaya.

Untuk diketahui, Jalan Tol Cijago membentang sepanjang 14,64 km yang terdiri dari 3 seksi.

Baca juga: Pemerintah Habiskan Rp 98 Triliun untuk Pengadaan Lahan Jalan Tol

Seksi 1 Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,70 km telah beroperasi pada Januari 2012, Seksi 2 menghubungkan Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,50 km telah beroperasi pada September 2019 lalu.

Kemudian, Seksi 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,50 km telah beroperasi sejak akhir tahun 2022 lalu, serta Seksi 3B Junction Krukut-Cinere sepanjang 2,19 km.

Jalan Tol Cijago akan menghubungkan beberapa ruas tol JORR 2 lainnya, yakni di sisi Barat Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, dan di sisi Timur Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com