Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Tergantikan, Jasa Marga Masih Menjadi Penguasa Jalan Tol

Kompas.com - 25/08/2023, 10:38 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih menjadi penguasa jalan tol di Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kompas.com, hingga semester I tahun 2023, jumlah panjang jalan tol milik Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.260 kilometer.

Angka tersebut merepresentasikan sekitar 49 persen dari total panjang jalan tol di seluruh Indonesia.

Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Perseroan pada periode yang sama adalah 1.736 kilometer di seluruh Indonesia.

Jumlah konsesi ini termasuk penambahan konsesi terbaru yang diperoleh Perseroan yaitu Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 kilometer yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP).

Selain itu, Jasa Marga juga memiliki beberapa proyek yang tengah berjalan yaitu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-YogyakartaNYIA Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

Baca juga: Setelah Tol Bocimi dan Paspro Beroperasi, Jumlah Kendaraan Alami Kenaikan

Kemudian pada semester I tahun 2023, Jasa Marga berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 1,15 triliun, meningkat 56,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hal ini sejalan dengan peningkatan volume lalu lintas jalan tol operasional milik Jasa Marga Group.

Peningkatan kinerja positif Perseroan juga tercermin dari pencapaian pendapatan usaha sebesar Rp 6,98 triliun atau tumbuh 4,9 persen.

Angka ini merupakan kontribusi dari kinerja pendapatan tol sebesar Rp 6,13 triliun yang meningkat 1 persen dari semester I tahun 2022, dan kontribusi kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp 848,92 miliar atau naik 47,2 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Sepanjang semester I tahun 2023, Jasa Marga mencatat peningkatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) di jalan tol Jasa Marga Group.

Pada periode Januari-Juni 2023, realisasi LHR di jalan tol Jasa Marga Group mencapai 3,23 juta kendaraan setiap harinya, meningkat sebesar 6 persen dibandingkan LHR pada periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com