Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LMAN Danai Lahan Tol Cisumdawu Senilai Rp 4,82 Triliun

Kompas.com - 15/07/2023, 10:52 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 Cimalaka-Ujung Jaya, Selasa (11/7/2023).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat," kata Jokowi, seperti dikutip dari siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden.

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 18,3 triliun.

Mengutip laman Instagram resmi Lembaga Manajemen Aset Negara @blu.lman, telah dikucurkan dana lahan sebesar Rp 4,828 triliun atau tepatnya Rp 4.828.103.863.358 triliun per 7 Juli 2023.

Angka ini sudah tembus 90 persen dari total dana pendanaan lahan Tol Cisumdawu sebesar Rp 5,34 triliun atau Rp 5.348.852.857.971 triliun.

Baca juga: Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Diresmikan, Tarif Gratis Selama Dua Pekan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol Cisumdawu Seksi 4-6 akan dioperasikan tanpa tarif hingga dua atau tiga pekan ke depan.

“Dua-tiga minggu uji coba gratis, tapi tergantung Standar Pelayanan Minimal (SPM)-nya, saya minta ini dicek dulu," ucap Basuki, seperti dikutip dari siaran langsung Youtube Tribun Jawa Barat.

Nantinya, tarif Tol Cisumdawu adalah Rp 1.275 per kilometer. Tarif ini jauh lebih murah karena mendapatkan dukungan Pemerintah sebesar 50 persen atau Rp 9,07 triliun dari total dana pembangunan.

Lewat adanya jalan tol ini, masyarakat Bandung yang hendak menuju Cirebon tidak lagi harus memutar ke Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

“Ini sekarang cuma 40 menit kalau dari ujung Cileunyi sampai Cipali," imbuh Basuki.

Untuk diketahui, Jalan Tol Cisumdawu membentang sepanjang 62 kilometer dan terdiri dari enam seksi.

Ruas yang telah beroperasi lebih dulu meliputi Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan 11,45 kilometer, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang 17,05 kilometer, dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,05 kilometer.

Sementara ruas lain segera menyusul yakni, Seksi 4 Cimalaka-Legok 8,2 kilometer, Seksi 5 Legok-Ujung Jaya 14,9 kilometer, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan, termasuk Junction Dawuan 6,1 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com