Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Buka Peluang Jual Empat Ruas Jalan Tol

Kompas.com - 06/09/2023, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk membuka peluang kerja sama dengan skema strategic partnership (kemitraan strategis) melalui empat ruas jalan tol dalam ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023 di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano memaparkan, keempat ruas jalan tol yang dimaksud terdiri dua yang sudah beroperasi, dan dua lainnya yang masih dalam masa konstruksi dan pembebasan lahan.

"(Beroperasi) Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 kilometer dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 97,27 kilometer," terang Reza dalam siaran pers, Rabu (6/9/2023).

Sementara dua lainnya yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan sepanjang 62 kilometer dan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76 kilometer.

Baca juga: Belum Tergantikan, Jasa Marga Masih Menjadi Penguasa Jalan Tol

Reza menambahkan, Tol Bali Mandara dan Tol Balsam memiliki potensi pertumbuhan volume lalu lintas ke depannya dengan kawasan sekitar jalan tol yang juga meningkat dan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

Dengan Bali sebagai destinasi wisata internasional yang menarik minat wisatawan setiap tahunnya hingga akan dikembangkannya Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia yang terletak di Kalimantan Timur membuat kedua tol ini berpotensi yang sangat baik bagi para calon investor.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M Agus Setiawan menjelaskan, perseroan akan fokus menyelesaikan proses konstruksi dan mengoperasikan secara bertahap untuk proyek jalan tol yang saat ini dalam tahap konstruksi maupun pembebasan lahan.

Untuk Tol Japek II Selatan, khususnya Paket 3 (Sadang-Sukabungah) sepanjang 31,3 kilometer, ditargetkan dapat beroperasi fungsional di akhir tahun ini yang akan terhubung dengan Tol Cipularang dan Tol Japek.

Sedangkan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Pramitha Wulanjani menyampaikan kepada para investor potensial untuk tidak khawatir bekerja sama dengan Jasa Marga.

Hal ini dikarenakan sebagai perusahaan publik, jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga merupakan jalan tol layak yang secara finansial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com