Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Borong Gelar Tiga Tol Terbaik

Kompas.com - 04/12/2023, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruas jalan tol milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali meraih preidikat sebagai yang terbaik dalam ajang penghargaan Jalan Tol Berkelanjutan yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tahun ini, Jasa Marga bahkan berhasil meraih predikat Jalan Tol Terbaik I untuk 3 (tiga) kategori sekaligus yaitu Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang lebih dari 50 Km untuk Jalan Tol Jagorawi.

Kemudian Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang 15-50 Km untuk Jalan Tol Pandaan-Malang serta Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang kurang dari 15 Km untuk Jalan Tol Sedyatmo.

Selain jalan tol, pengelolaan Rest Area jalan tol melalui anak usaha PT Jasamarga Related Business (JMRB) juga berhasil diganjar predikat Rest Area Terbaik I untuk Rest Area Km 88B Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

Baca juga: Tak Tergoyahkan, Jasa Marga Masih Jadi Penguasa Jalan Tol di Indonesia

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono kepada Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano dalam Upacara Hari Bakti PUPR Ke-78 pada Minggu (03/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Reza menyampaikan rasa terima kasihnya dan bersyukur atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian PUPR atas pengelolaan jalan tol berkelanjutan yang secara konsisten dilakukan di seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jasa Marga Group.

“Alhamdulillah di tahun ini Jasa Marga kembali diberi kepercayaan untuk menyandang predikat sebagai Pengelola Jalan Tol Terbaik I untuk 3 Kategori Jalan Tol dan Rest Area Terbaik I untuk Tipe A,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Tidak hanya berhasil menyandang predikat Terbaik I, sejumlah ruas dan rest area jalan tol Jasa Marga Group lainnya juga masuk sebagai predikat Terbaik II hingga Terbaik III.

Menurut Reza, sebagai market leader industri jalan tol Indonesia, Jasa Marga tentunya menghadapi sejumlah tantangan baik dari segi pembangunan, pembiayaan hingga pengoperasian jalan tol.

Meskipun demikian, Perseroan tetap berkomitmen memprioritaskan pembangunan dan operasional jalan tol yang berkelanjutan dengan mengimplementasikan Tata Kelola Perusahaan yang baik.

“Ke depannya, kami akan terus mengoptimalkan pelayanan untuk memberikan manfaat bagi stakeholder dan masyarakat serta terus meningkatkan kinerja positif Perusahaan,” tutup Reza.

Kegiatan Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan terhadap kualitas layanan jalan tol dan rest area jalan tol di seluruh Indonesia ini didasarkan atas Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol. 

Kemudian mengacu juga pada Permen PUPR Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) pada Jalan Tol, yakni terpenuhinya Core Function di ruas jalan tol, seperti aspek
kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan pengguna ruas jalan tol.

Baca juga: Hingga Oktober 2023, Ini Daftar Ruas Jalan Tol yang Telah Beroperasi

Pada tahun 2023 ini, penilaian jalan tol berkelanjutan meliputi aspek peningkatan kualitas ramah gender, peningkatan kepedulian masyarakat pengguna jalan tol dan perluasan akses investasi ekonomi lokal sesuai dengan tema Penilaian Jalan Tol pada Tahun 2023 yaitu Toll For All.

Berikut daftar Penerima Penghargaan Jalan Tol Berkelanjutan Tahun 2023 yang berhasil diraih oleh Jasa Marga Group

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com