Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertengahan 2024, Proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A Ditargetkan Rampung

Kompas.com - 27/09/2023, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (kode saham: WSKT) sedang fokus untuk penyelesaian pekerjaan mega proyek IKN yang sampai saat ini progresnya masih berjalan sesuai perencanaan awal.

Direktur Utama Waskita, Mursyid, mengungkapkan seluruh pekerjaan proyek di IKN yang digarap Waskita berjalan sesuai rencana. Salah satunya adalah proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A.

Saat ini, progres pembangunan Jalan Tol IKN Segmen 5A telah mencapai progres 53 persen dan direncanakan akan selesai pada pertengahan tahun 2024.

“Kementerian PUPR ingin pada tahun 2024 perjalanan menuju IKN sudah menggunakan jalan tol, sehingga percepatan pekerjaan perlu dilakukan,” ujar Mursyid saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi proyek, Kamis, (21/9/2023).

Baca juga: 20 Investor Swasta Nasional Antre Groundbreaking Proyek di IKN

Dikatakan, dengan selesainya infrastruktur tol ini maka waktu tempuh dari Balikpapan ke Kawasan Inti IKN bisa dipersingkat.

“Harapannya konektivitas Jalan Tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mursyid mengatakan, pemerintah, juga mengapresiasi proyek jalan Tol IKN Segmen 5.

“Pemerintah, melalui ketua satgas pelaksanaan pembangunan infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga mengapresiasi proyek ini karena menunjukkan kualitas dan progres yang baik. Mudah-mudahan proyek ini dapat menjadi contoh bagi proyek-proyek lainnya,” tambahnya.

Sejak akhir tahun 2022 hingga saat ini, Perseroan telah berhasil meraih kontrak proyek IKN sebesar Rp 8,35 triliun dengan porsi Waskita sebesar Rp5,94 triliun.

Waskita mengerjakan delapan proyek antara lain, Proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A, Proyek Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4, Proyek gedung Sekretariat Presiden dan fasilitas Gedung penunjang.

Baca juga: Sesuai Kontur Lahan, Rumah Menteri di IKN Ada Dua Tipe

Kemudian proyek gedung dan kawasan Kementerian Koordinator (Kemenko) Paket 3, Proyek gedung dan kawasan Kemenko Paket 4, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1, 2, 3, Proyek Jalan Feeder Distrik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan Bangunan Rusun ASN.

Untuk progres pekerjaan proyek IKN antara lain proyek Jalan Lingkar Sepaku 4 mencapai progres 55,68 persen, Gedung Sekretariat Presiden mencapai progres 24,85 persen, Gedung Kemenko 3 mencapai progres 16,82 persen.

Sementara progres pengerjaan Gedung Kemenko 4 mencapai progress 22,22 persen, proyek IPAL 1,2,3 mencapai 5,58 persen dan proyek jalan feeder kawasan KIPP IKN 3,07 persen. Sedangkan, untuk Rusun ASN baru dimulai pekerjaannya.

Ketercapaian progres proyek yang baik karena adanya dukungan tim proyek dalam implementasi program Transformasi secara konsisten.

Transformasi yang dilakukan oleh tim lapangan melalui penerapan BIM dan lean construction sangat efektif pada proyek ini. Tujuannya yaitu membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan menghasilkan produk dengan kualitas yang terbaik.

“Waskita berkomitmen untuk mewujudkan produk yang bermutu dan bisa menginspirasi semua orang sehingga karya kita dapat ditiru dan selalu dikenang,” tutup Mursyid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com