Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Progres Konstruksi Jalan Tol Gending-Besuki

Kompas.com - 22/11/2023, 10:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui anak perusahaannya, PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) tengah mengerjakan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I segmen Gending-Besuki.

Direktur Utama PT JPB, Adi Prasetyanto mengatakan proses konstruksi telah dimulai sejak Februari 2023 lalu dan saat ini berjalan sesuai dengan target.

“Hingga awal November 2023, progres proyek jalan tol Gending-Besuki mencapai 31 persen untuk paket 1, 15 persen untuk paket 2, dan 6 persen untuk paket 3,” ujar Adi dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Hingga Oktober 2023, Ini Daftar Ruas Jalan Tol yang Telah Beroperasi

Dikatakan, sesuai arahan dari pemegang saham, perusahaan akan memastikan seluruh proses
bisnis untuk selalu mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan tujuan dan target yang telah ditetapkan.

Adi menambahkan, ketika Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I segmen Gending-Besuki ini telah beroperasi, jalan tol ini akan terkoneksi dengan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road.

Seperti diketahui, jumlah Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo mencapai 13.000 kendaraan per harinya.

Ia pun optimis jika telah terkoneksi nantinya, capaian LHR yang sama juga akan terjadi di Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I segmen Gendeng-Besuki.

Dalam membangun jalan tol ini, PT JPB bersama kontraktor pelaksana serta konsultan pengawas dan konsultan pengendali mutu berkomitmen memastikan keselamatan keteknikan konstruksi, keselamatan dan kesehatan kerja, keselamatan publik hingga keselamatan lingkungan.

PT JPB juga sebanyak mungkin menggunakan sumber daya lokal dalam pekerjaan, termasuk penyediaan tenaga kerja, peralatan serta bahan dalam negeri.

Baca juga: Sepanjang September 2023, 57.971 Kendaraan Lintasi Jalan Tol Semarang-Solo

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Segmen Gending-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.

Selain itu, tol ini juga akan memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS
Paiton dan SS Besuki serta dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+650 di kedua arah, baik arah Probolinggo maupun arah Besuki.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sendiri terbagi atas 7 Seksi yaitu Seksi 1 Probolinggo-Kraksaan (12,88 Km), Seksi 2 Kraksaan-Paiton (11,2 Km), Seksi 3 Paiton-Besuki (25,6 Km), Seksi 4 Besuki-Situbondo (42,3 Km), Seksi 5 Situbondo-Asembagus (16,76 Km), Seksi 6 Asembagus-Bajulmati (37,45 Km) dan Seksi 7 Bajulmati-Ketapang (29,21 Km).

Jalan tol ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dikelola oleh PT JPB selaku BUJT yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jasa Marga sebesar 94,93 persen, PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 5 persen dan PT Waskita Toll Road sebesar 0,07 pesen.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I segmen Gending-Besuki merupakan ruas pamungkas dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa.

Jika melewatinya, pengendara dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo sampai dengan Besuki
yang semula sekitar 1 jam 15 menit menjadi 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80- 100 Km/jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com