Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaka Komitmen Jadi Kabupaten Lengkap, Ditandai lewat Deklarasi

Kompas.com - 17/11/2023, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Kolaka di Provinsi Sulawesi Tenggara berkomitmen menjadi Kabupaten Lengkap.

Hal ini ditandai lewat deklarasi yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Kolaka bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka yang bersepakat untuk menuntaskan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di semua desa.

Deklarasi tersebut disaksikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto.

Menurut Menteri Hadi, deklarasi ini bisa mempercepat Kolaka menjadi Kabupaten Lengkap.

"Kalau sudah lengkap, masyarakat bisa tersenyum, tidak akan ada lagi mafia tanah yang bisa menyerobot," kata Hadi Tjahjanto dalam acara Deklarasi 100 Desa Calon Lokasi PTSL 2024 yang berlangsung di Universitas Sembilanbelas November (USN), Kolaka, Rabu (15/11/2023).

Pesannya, deklarasi ini harus benar-benar ditindaklanjuti agar hal yang diharapkan bisa tercapai.

"Pak Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), teruskan PTSL ini, segera jadikan Kolaka menjadi Kabupaten Lengkap," imbuhnya.

Baca juga: Percepat PTSL, Kades Jadi Modal Penting

Sementara Kakanwil BPN Provinsi Sulawesi Tenggara Asep Heri menyampaikan, kegiatan ini bisa terwujud karena kolaborasi yang baik dengan Pemda.

"Sinergi, kolaborasi yang telah kita rajut selama ini ke depan semakin hari semakin kuat dan semakin hebat untuk menyukseskan target Program Strategis Nasional di bidang pertanahan dapat dituntaskan di tahun 2025," tuturnya.

Melalui deklarasi ini, Plt. Bupati Kolaka Muhammad Jayadi menginstruksikan semua kepala desa di Kolaka untuk menyiapkan anggaran untuk program PTSL di tahun depan.

"Pak Camat, tolong kawal sehingga dalam perencanaan APBDes nanti para kepala desa memasukan anggaran untuk PTSL tahun 2024," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com