Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel dan Jaringan Utilitas Telkom di Jakarta Bakal Dikelola JIP

Kompas.com - 04/11/2023, 09:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha BUMD PT Jakarta Propertindo Perseroda (Jakpro) yakni PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) yang di bidang teknologi informasi, komunikasi dan telekomunikasi serta bisnis digital resmi bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom).

Kerjasama dilakukan guna secara nyata menunjukan langkah progresif dalam penyelenggaraan Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT) atau Ducting Bersama di wilayah DKI Jakarta.

Penandatanganan kerjasama tersebut berlangsung pada Rabu (1/11/2023) di Graha Merah Putih (GMP), Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta.

Baca juga: Jaringan Utilitas Bawah Tanah IKN Multifungsi, Tampung Kabel-Pipa Air

Kedua belah pihak sepakat untuk memindahkan kabel udara ataupun jaringan utilitas yang dimiliki oleh Telkom di arae Jakarta ke dalam SJUT yang dikelola oleh JIP.

Adapun penugasan penyelenggaraan SJUT telah disesuaikan berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 69 Tahun 2020 tentang penugasan kepada Jakpro dalam Penyelenggaraan SJUT di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan yang dilaksanakan melalui anak usaha Jakpro yaitu PT JIP.

 

Operations Senior Manager (OSM) Regional Access Management Telkom Regional 2, Alexandre Paruhum Soaloon mengatakan kerjasama ini sejalan dengan komitmen Telkom untuk mendukung transformasi digital dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di Indonesia.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat membantu menjadikan Jakarta sebagai kota yang lebih modern, teratur, dan nyaman bagi semua warganya,” ungkap Alexandre.

Dengan kerjasama ini kedepannya, PT Telkom juga mengharapkan dapat meningkatkan pelayanan telekomunikasi kepada masyarakat Jakarta.

Baca juga: Permudah Akses Informasi, JIP Sebar 500 Titik Layanan Digital Signage bagi Warga Jakarta

Selain itu, dapat mengurangi dampak akibat kabel udara yang terlihat tidak teratur karena galian berulang maupun kerusakan fasilitas umum yang terjadi karena proses perbaikan dan pengelolaan jaringan.

Sementara itu, General Manager Corporate Secretary & Legal JIP, Aji Rizqi Yodhana mengatakan pihak JIP sangat mengapresiasi dukungan dari Telkom dalam penyelenggaran SJUT.

“Dengan dukungan dari berbagai pihak, kami yakin SJUT akan memberikan dampak signifikan bagi perkembangan ibu kota dan visi kami demi mewujudkan Jakarta bebas kabel udara dan Jakarta sebagai kota pintar perlahan akan terwujud,” papar Aji.

Kedepannya, JIP akan terus melakukan langkah progresif dengan para operator pemilik jaringan utilitas lainnya untuk berkolaborasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui teknologi dan infrastruktur telekomunikasi yang unggul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com