Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Bulan, BSDE Raup Pra-penjualan Properti Rp 6,75 Triliun

Kompas.com - 24/10/2023, 06:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), pengembang kota mandiri terbesar di Indonesia dan bagian dari kelompok properti Sinarmas Land, berhasil mengamankan 77% dari target pra-penjualan tahun 2023 sebesar Rp 8,8 triliun.

Hingga akhir September 2023 atau Triwulan III-2023, pengembang kota mandiri BSD City itu berhasil membukukan pra-penjualan sebesar Rp 6,75 triliun.

Angka tersebut meningkat 1% apabila dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 6,72 triliun.

"Segmen residensial sebagai segmen bisnis utama kami berhasil membukukan pra-penjualan Rp 4,47 triliun hingga akhir September 2023," ujar Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk, Hermawan Wijaya, dikutip dari laman Keterbukaan Informasi BEI pada Senin (23/10/2023).

Ada pun per akhir September 2023, raihan pra-penjualan segmen residensial setara 66% dari total pra-penjualan.

Sementara segmen komersial termasuk apartemen dan ruko mencatat pra-penjualan sebesar Rp 2,28 triliun. Setara dengan 34% dari total pra-penjualan.

Baca juga: BSDE Tercatat sebagai Pengembang dengan Kas Terbesar di Indonesia, Tembus Rp 10,76 Triliun

Khusus periode Triwulan III-2023, BSDE membukukan pra-penjualan sebesar Rp 1,96 triliun.

Penjualan rumah tapak juga menyumbang kontribusi paling besar 74%, sedangkan penjualan lahan komersial, ruko dan apartemen sebesar sekitar 26%.

Kemudian, penjualan unit residensial maupun komersial di kawasan kota mandiri BSD City mendominasi angka pra-penjualan.

Hingga akhir September 2023, penjualan unit properti di BSD City tercatat 75% terhadap keseluruhan angka pra-penjualan.

Selain BSD City, kawasan properti terintegrasi lainnya seperti Grand Wisata di Bekasi dan Kota Wisata di Cibubur turut memberikan kontribusi positif yakni masing-masing 11% dan 7% terhadap total pra-penjualan.

Besarnya angka penjualan residensial ditopang oleh penjualan unit produk unggulan BSD City seperti Enchante, Tanakayu, Nava Park, Hiera dan Eonna.

Sementara itu, segmen komersial sepanjang sembilan bulan pertama 2023 berkontribusi sebesar Rp 2,28 triliun.

Capaian itu berasal dari penjualan ruko sebesar Rp 1,27 triiun dan lahan komersial sebesar Rp 737 miliar serta penjualan unit apartemen sebesar Rp 269 miliar.

Baca juga: Milenial, Ingin Beli Rumah? BSD City Tawarkan Harga Rp 1,4 Miliar

Penjualan ruko sebagian besar berasal dari Enchante Business Park, yang baru diluncurkan pada Triwulan III-2023 ini dan Delrey Business Townhouse di BSD City, bersama dengan Front Row Studio Loft di Kota Wisata-Cibubur.

Sedangkan untuk unit apartemen bersumber dari penjualan unit The Elements, Southgate dan Atrium, yang terletak di Jakarta, serta Akasa, Upper West dan Marigold, yang terletak di BSD City.

Menurut Hermawan pencapaian positif selama sembilan bulan pertama 2023 membuktikan kinerja perusahaan sudah berjalan sesuai rencana.

"Manajemen optimistis akan meraih target pra-penjualan sebesar Rp 8,8 triliun pada akhir tahun 2023 mendatang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com