Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Hadi Bagi-bagi Sertifikat Tanah Ulayat di Sumbar

Kompas.com - 10/10/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto direncanakan hadir di Sumatera Barat Selasa-Rabu tanggal 10-11 Oktober 2023.

Kedatangannya ke Provinsi Sumatera Barat untuk pertama kalinya ini dilakukan guna menyerahkan Sertifikat Hak Pengelolaan (HPL) tanah ulayat bagi masyarakat Minangkabau.

Hal ini juga menjadi bukti bahwa wilayah masyarakat adat atau tanah ulayat diakui keberadaannya.

Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah Yulia Jaya Nirmawati yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN mengatakan hal ini dalam keterangannya, Selasa (10/10/2023).

Baca juga: Aturan Soal Tanah Ulayat Akan Diubah, Kementerian ATR/BPN Gaet Tiga Kampus

"Ini adalah kali pertama di Indonesia, Pak Menteri akan menyerahkan sertifikat HPL tanah ulayat di Sumatera Barat," jelas Yulia.

Penyerahan sertifikat tanah ulayat ini juga merupakan wujud dari janji kerja Menteri ATR/Kepala BPN terhadap masyarakat Sumatera Barat untuk menyelesaikan sertipikasi tanah ulayat khususnya di dua lokasi pilot project yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Lima Puluh Kota.

“Ini janji Pak Menteri lima bulan lalu kepada Bapak Gubernur, Pucuk Pimpinan LKAAM, dan masyarakat Sumatera Barat untuk menyelesaikan sertifikasi tanah ulayat. Dan besok akan segera terealisasi,” tegas dia.

Yulia juga menyampaikan kesuksesan penyertifikatan tanah ulayat tidak lepas dari kerja bersama antara masyarakat, Komisi II DPR RI, Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Tanah Datar dan Lima Puluh Kota, Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sumatra Barat, dan pemerintah daerah.

"Berkat kerja bersama ini masyarakat Minangkabau bisa mendapat kepastian hukum atas tanah mereka," tuntas Yulia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com