Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahkan Pelaku Tambang, Trakindo Tawarkan Produk MineStar

Kompas.com - 14/09/2023, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Trakindo Utama atau Trakindo menawarkan produk teknologi MineStar dalam acara Mining Expo 2023 di JIEXPO Kemayoran di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

General Manager Mining Trakindo Ario Wirawan menjelaskan, ini merupakan teknologi komprehensif yang mengintegrasikan produk, proses, dan sumber daya manusia (SDM).

Teknologi ini dibuat untuk membantu pelaku industri mengelola rantai pekerjaan pertambangan, mulai dari pelacakan material, manajemen armada, identifikasi kesehatan alat berat, hingga sistem peralatan otonom.

Baca juga: Trakindo Luncurkan Alat Berat Baru, Ini Spesifikasinya

"Selain itu, MineStar juga memiliki pembaruan fitur teknologi seperti MineStar Edge sebagai ekosistem operasional berbasis cloud," kata dia dalam konferensi pers acara tersebut.

Kegunaannya dapat memberikan visibilitas ke setiap aspek operasi (mengukur, mengelola, dan menganalisis) dengan akurasi data hingga 98 persen, serta near-real-time information.

Hal ini memungkinkan para supervisor untuk mengakses informasi dari komputer atau tablet dari mana saja pun dengan koneksi internet, baik di pit maupun di kantor yang jauh.

Supervisor pun dapat melakukan perubahan-perubahan demi menjalankan rencana tambang secara efisien dan memberikan kualitas optimal ke site/plant.

Fitur Guardian 2 yang merupakan sistem canggih dan non-intrusif yang mengurangi kemungkinan insiden berbahaya secara efektif dengan memperingatkan operator melalui getaran pada kursi dan suara alarm, serta menganalisis gejala kelelahan, microsleep, atau gangguan lain yang terdeteksi.

“MineStar merupakan jawaban atas tantangan industri pertambangan untuk mendorong produktivitas pertambangan dengan tetap mengedepankan unsur keselamatan," klaim Ario.

Pemantauan pekerjaan alat berat dan operasional di site bisa didapatkan secara akurat dan real-time. Sehingga, pengambilan keputusan pun dapat dilakukan lebih cepat, tepat, dan operasional pun menjadi lebih efektif.

"Selain itu, pekerjaan operator juga menjadi lebih akurat dan produktif, serta mengurangi risiko insiden keselamatan,” kata Ario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com