Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA Kembali Rilis Produk Lawas, Karya 4 Desainer asal Swedia

Kompas.com - 22/04/2024, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - IKEA kembali menghadirkan produk unik dan fungsional dari karya desain abadi ikonik volume keempat bertajuk Nytillverkad.

Terinspirasi oleh keindahan motif bunga dari tahun 1960-an dan 1970an, koleksi ini menghadirkan produk ikonik yang dikembangkan oleh desainer ternama Swedia seperti Gillis Lundgren, Charlotte Rude, Hjördis Olsson-Une, dan Göta Trägårdh.

Nytillverkad edisi kali ini menampilkan pola bunga ikonik Göta Trägårdh yang diperkenalkan di katalog IKEA pada awal 1970an, dan kini diluncurkan kembali dalam tekstil KRANSMALVA dan SANDETERNELL.

“Corak bunga-bunga cerah pada koleksi Nytillverkad kali ini merayakan kreativitas, ekspresi diri dan mendorong orang untuk menjadi lebih optimis dan percaya diri,” jelas PR & Communication Manager IKEA Indonesia Ririn Basuki dalam siaran pers, Senin (22/4/2024).

Salah satu yang produk yang menarik dari peluncuran koleksi ini adalah kursi berlengan ÖNNESTAD.

Baca juga: IKEA Rilis Koleksi Lawas, Hadirkan Model Ikonik dan Ceria

Ini merupakan reinkarnasi modern dari produk GOGO ikonik yang merupakan kursi santai berbahan tabung baja.

Kursi ini pertama kali diperkenalkan pada katalog IKEA pada 1972 dan telah digunakan selama lebih dari 10 tahun.

Kursi berlengan ÖNNESTAD kini dibuat dari baja berkekuatan tinggi, membutuhkan kurang dari setengah jumlah baja asli dengan tetap mempertahankan kualitas dan fungsi yang sama.

Perubahan ini memungkinkan penambahan kursi berlengan dua kali lebih banyak dengan bahan yang sama. Sehingga, mengurangi konsumsi bahan yang berdampak pada lingkungan.

Baja berkekuatan tinggi memiliki sifat mekanik yang lebih baik dan memungkinkan desain yang lebih ringan, sehingga mengurangi berat perabot secara keseluruhan.

Selain ÖNNESTAD, koleksi ini juga menghadirkan produk klasik lainnya seperti kap lampu gantung DYKARKLOCKA yang mengambil inspirasi dari desain 1964 dan dikenal sebagai TIVOLI.

Baca juga: Pertama Kali, IKEA Hadirkan Produk Rekomendasi Ramadhan hingga Lebaran

Lalu, Meja kopi GARNANÄS, versi terbaru dari meja POP populer dari tahun 1968. Kemudian, Stand tanaman PRIMÄRSKOG yang merupakan versi baru dari stand tanaman STREGA.

Sebelumnya, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1962, dan banyak produk ikonik lainnya.

Ririn menuturkan, semua produk dalam koleksi ini masing-masing mencerminkan komitmen IKEA terhadap desain abadi.

“IKEA sangat bersemangat untuk menghadirkan kembali desain-desain ikonik ini dan memperkenalkannya kepada pelanggan generasi baru. Dengan produk-produk baru penuh warna dan berani, IKEA berharap dapat menginspirasi eksperimen kreatif, keberanian, dan hal positif di rumah-rumah di seluruh dunia,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com