Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Sertifikat Izin Operasi KCJB Selesai dalam Sepekan

Kompas.com - 13/09/2023, 21:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa sertifikat izin operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan terbit dalam waktu sepekan mendatang.

Hal itu disampaikannya saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan uji coba KCJB, pada Rabu (13/9/2023).

Sejalan dengan target Presiden, Menhub berharap kereta cepat dapat mulai dioperasikan pada awal Oktober. Masyarakat juga akan diberikan kesempatan untuk melakukan uji coba gratis kereta cepat.

"Target di awal bulan (Oktober) sudah bisa jalan. Sertifikat izin operasi dari KCJB diharapkan bisa selesai dalam satu minggu ke depan," ujar Budi dikutip dari laman Kemenhub.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Meluncur 1 Oktober, Operasi Bertahap

Menurut dia, pembangunan seluruh trase KCJB mencapai 142,3 km yang dimulai dari Stasiun Halim hingga dengan Stasiun Tegalluar sudah selesai.

"Untuk pembangunan trase, sem"Target di awal bulan (Oktober) sudah bisa jalan.ua sudah 100%, sementara untuk stasiun, tiga dari empat stasiun sudah rampung," tandasnya.

Ada pun Presiden Jokowi merasa puas usai menjalani uji coba KCJB dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang dan dilanjutkan dengan menaiki feeder ke Stasiun Bandung.

"Saya sudah empat kali datang ke proyeknya kereta cepat, tapi baru pertama kali tadi mencoba. Nyaman, pada kecepatan 350 km/jam tadi tidak terasa goncangan sama sekali, baik saat saya duduk maupun saat saya berjalan," tukas Kepala Negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com