Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCJB Terintegrasi KA Feeder, Perjalanan Jakarta-Kota Bandung 50 Menit

Kompas.com - 06/09/2023, 09:22 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan terintegrasi dengan KA Feeder di Stasiun Padalarang untuk mempermudah penumpang KA Cepat menuju Stasiun Cimahi atau Stasiun Bandung.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menyampaikan, pihaknya terus melakukan berbagai persiapan dan penyempurnaan, termasuk dalam hal aksesibilitas dan integrasi antarmoda.

"Stasiun KA Cepat Padalarang dengan Stasiun KA Padalarang langsung terkoneksi dan terhubung sehingga memudahkan penumpang untuk berpindah moda," ujarnya dikutip dari laman KCIC, Selasa (05/09/2023).

Baca juga: Menko Marves Luhut dan PM China Bakal Uji Coba KCJB September Ini

Di Stasiun Padalarang, akan tersedia KA Feeder yang berhenti di Stasiun Cimahi dan Stasiun Bandung. Waktu perjalanannya sekitar 20 menit.

Ditambah perjalanan KA Cepat dari Stasiun Halim-Padalarang 30 menit, maka total perjalanan dari Stasiun Halim hingga Stasiun Bandung adalah 50 menit.

"Bagi masyarakat yang ingin menuju pusat Kota Bandung bisa memanfaatkan KA Feeder yang jadwalnya menyesuaikan perjalanan KA Cepat. Cukup turun di stasiun KA Cepat Padalarang dan beralih ke KA Feeder, penumpang sudah bisa menuju Stasiun Bandung maupun Stasiun Cimahi," tuturnya.

Selain KA Feeder, masyarakat juga bisa memanfaatkan Commuterline Bandung Raya, Trans Metro Pasundan Rute Alun-Alun-KBP, Damri Rute Alun-Alun Bandung-Situ Ciburuy (Via Cimahi) dan Rute usulan St. Padalaran-Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan Rute Padalarang-Rajamandala, Rute Padalarang-Cimahi-Leuwipanjang, dan rute Padalarang-Cimahi.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Meluncur 1 Oktober, Operasi Bertahap

Integrasi antarmoda ini bisa terwujud berkat adanya dukungan dari Kemenko Marves, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, dan para operator angkutan umum.

"Dengan kolaborasi ini, diharapkan stasiun-stasiun KA Cepat bisa dengan mudah diakses dan dijangkau oleh masyarakat," pungkas Eva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com