Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trakindo Libatkan Pekerja dalam Penerapan K3

Kompas.com - 21/02/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) wajib diterapkan setiap perusahaan.

Penyedia alat berat caterpillar di Indonesia PT Trakindo Utama (Trakindo) disebut sebagai salah satu perusahaan yang menerapkan K3 dengan baik.

SHE Corporate Manager Trakindo Muhammad Siri menjelaskan, Trakindo juga melibatkan keluarga pekerja dalam penerapan K3.

Ini dilakukan dengan mengajak turut serta keluarga atau pasangan pekerja untuk mengikuti sosialisasi K3 dan berkunjung ke tempat kerja.

Tujuannya adalah agar orang terdekat dari pekerja bisa mengetahui secara langsung bagaimana kondisi lapangan tempat keluarganya bekerja hingga memahami risiko yang dihadapi.

"Sehingga perlu kerja sama dan saling support," kata Siri dalam Bincang Perspektif Trakindo 2023 di Jakarta pada Selasa (21/2/2023).

Selain itu, Trakindo juga berusaha memberikan sosialisasi K3 kepada masyarakat sejak dini, seperti kepada murid SD, SMP, dan SMA.

"Kita lakukan untuk mengenalkan K3 kepada usia dini sebelum mereka terjun ke dunia industri," imbuh Siri.

Baca juga: Berkaca pada Kasus GNI, K3 Penting Diterapkan di Lingkungan Kerja

Tak hanya mengenai K3, Trakindo turut memberikan sosialiasi kepada pekerja hingga masyarakat mengenai kesehatan dan berbagai penyakit yang disampaikan oleh pembicara ahli.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Administration Officer Trakindo Yulia Yasmina mengatakan K3 menjadi prioritas Trakindo dalam bekerja.

"Tidak hanya melaksanakan K3L sebagai sebuah standarisasi perusahaan, namun juga sudah menjadi budaya yang mengalir di setiap lini kerja operasional perusahaan," ucap Yulia.

Implementasi K3L di Trakindo telah diapresiasi lewat ajang Indonesia Safety Exce lence Awards (ISEA) 2022 yang diselenggarakan First Indonesia Magazine berupa gelar best of The Best, The Best CEO Committed in Safety Culture Award, The Best Health Services During Covid-19, The Best Safety Program, dan The Best Safety Innovation Award.

"Trakindo berharap melalui lebih banyak pihak mendapat inspirasi dan kembali sadar pentingnya keselamatan kerja untuk meningkatkan efisiensi kerja bisnis dan menciptakan usaha berkelanjutan," tutup Yulia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com