Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisma BCA Foresta, Gedung Hemat Energi Terbaik di Asia Tenggara

Kompas.com - 28/08/2023, 06:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menerima penghargaan atas upaya dan komitmen dalam pelestarian lingkungan.

Gedung Wisma BCA Foresta di BSD CIty, Tangerang Selatan, Banten, mendapat predikat Winner pada ajang ASEAN Energy Awards 2023 untuk kategori Energy Efficient Building, subkategori New and Existing Building.

Penyerahan penghargaan berlangsung pada ajang Asean Energy Business Forum (AEBF) 2023 dan bersamaan dengan ajang the 41st ASEAN Ministers on Energy Meeting (AMEM) dan the 3rd ASEAN International Conference on Energy and Environment (AICEE).

Penghargaan diberikan ASEAN Energy Award yang diwakili oleh Secretary of Department of Energy of Philippines Raphael Lotilla atas kapabilitas Wisma BCA Foresta sebagai gedung hemat energi yang telah menerapkan standar keberlanjutan tingkat internasional.

Baca juga: JH Interior Sabet Penghargaan Terbaik dari Luxury Lifestyle Awards 2023

ASEAN Energy Awards bertujuan untuk mengakui dan mengapresiasi para pelaku industri atas kontribusi mereka untuk perkembangan sektor energi.

Meski baru beroperasi kurang dari tiga tahun, gedung Wisma BCA Foresta berhasil merebut perhatian publik, khususnya dalam penggunaan energi yang efisien dan rancang bangun gedung yang memerhatikan kelestarian lingkungan sekitar.

Direktur BCA Frengky Chandra Kusuma mengaku bangga akan pencapaian yang diraih oleh Wisma BCA Foresta sejauh ini.

Meskipun masih berusia muda, Wisma BCA Foresta telah mendapatkan sejumlah apresiasi yang membanggakan. Hal ini mencerminkan kerja keras dan visi perusahaan yang menempatkan aspek keberlanjutan dalam operasional bisnis terlaksana dengan baik.

"Di samping itu, penghargaan ASEAN Energy Award ini menjadi pelecut motivasi kami untuk berkomitmen lebih kuat lagi dalam mengedepankan nilai-nilai ESG,” ucap Frengky.

Wisma BCA Foresta sendiri beroperasi pertama kali pada Oktober 2020 dengan luas bangunan 45.250 meter persegi gross leasable area (GLA).

Baca juga: Informa Sabet Penghargaan Ritel Furnitur Terbaik di Indonesia 2023

Beroperasinya gedung ini menjadi penanda keseriusan BCA dalam menyongsong masa depan perbankan dan bisnis yang berkelanjutan.

Seiring dengan semangat transisi ke energi bersih dan terbarukan, gedung hijau ini diciptakan dengan desain sedemikian rupa agar energi yang terpakai dapat seminimal mungkin seperti Building Automation System, Chiller Plant Management System, serta desain dan material selubung bangunan yang menjadikan suhu dan kelembapan gedung dapat terjaga.

Gedung ini dilengkapi dengan penggunaan air minum reverse osmosis, pemanfaatan air hasil daur ulang, serta pemanfaatan limpasan air hujan.

Sejumlah panel surya juga memperkuat gedung ini guna mengurangi penggunaan listrik dari bahan bakar fosil, sehingga menjadikannya gedung hijau yang menyeluruh.

Semua teknologi tersebut dikelola oleh Tim Manajemen Energi dari Divisi Logistik dan Gedung BCA sehingga menciptakan gedung yang hemat energi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com