Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Bandara VVIP di IKN, Kementerian PUPR Siapkan Dana Rp 2,7 Triliun

Kompas.com - 27/08/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mempercepat waktu tempuh ke Ibu kota Negara (IKN) Nusantara, pemerintah akan membangun bandara very very important person (VVIP). 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai salah satu pihak yang terlibat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,7 triliun.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Kementerian PUPR mendapat tugas untuk membangun bagian lapangan terbang (airstrip), mulai dari landasan penghubung (taxiway) hingga landasan pacu (runway).

Baca juga: Pemerintah Dorong Pembangunan Rumah buat ASN Milenial di IKN

"Kalau di PU (Kementerian PUPR) hanya Rp2,7 triliun untuk airstrip, untuk taxiway dan runway. Kalau (Kementerian) perhubungan di terminalnya," ujar Basuki di Istana Negara, akhir Juli lalu.

Kucuran anggaran tersebut menyusul dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara Udara VVIP untuk mendukung Ibu Kota Baru.

Bandara VVIP IKN berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan di Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

 

Nantinya, bandara akan dibangun dengan luas terminal VVIP 2.000 meter persegi dan terminal VIP 5.000 meter persegi, serta runway sepanjang 3.000 x 485 meter.

Baca juga: Mentawai Jadi Lokasi Favorit Berselancar, Dilengkapi Bandara Baru Tahun Ini

Akan Segera Dilelang

Sementara itu, pada medio Agustus 2023, Menteri Basuki mengatakan, pemerintah akan melaksanakan lelang untuk proyek pembangunan Bandara VVIP IKN pada Oktober 2023.

"Ya ini, (lelang) yang Bandara VVIP. Kalau perencanaannya sudah dilaksanakan. Kita memakai sisa lelang untuk dilakukan sekarang, uang mukanya yang untuk 2024. Mungkin Oktober, kayak lelang dini," katanya ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Jika proses pengerjaan bandara berjalan mulus, maka diharapkan Bandara VVIP IKN dapat digunakan pada Agustus 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com