Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Diuji Coba Terbatas, Ini Pekerjaan Rumah LRT Jabodebek

Kompas.com - 17/07/2023, 11:41 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek melakukan uji coba operasional mulai 12 Juli 2023-15 Agustus 2023.

Uji coba dibagi menjadi dua tahapan, pertama adalah uji coba operasional terbatas pada 12-26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian atau Lembaga, media, dan komunitas.

Sementara uji coba operasional tahap kedua berlangsung pada 27 Juli 2023-15 Agustus 2023 dan boleh diikuti oleh masyarakat umum.

Kompas.com berkesempatan untuk menjajal uji coba operasional angkutan umum tanpa masinis tersebut pada Minggu (15/7/2023) bersama Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) dan sejumlah komunitas lainnya.

Perjalanan dimulai dari Stasiun LRT Dukuh Atas pada pukul 09.30 WIB dengan tujuan akhir Stasiun Jati Mulya di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Satu rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong melaju dengan kecepatan 70 kilometer per jam melewati 14 stasiun, meliputi Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, Halim, Jati Bening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Kereta berhenti di setiap stasiun, kecuali Stasiun Halim. Adapun Stasiun Halim akan mengintegrasikan LRT Jabodebek dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Penumpang LRT Jabodebek juga bisa menyaksikan Stasiun KCJB Halim dan lintasan KCJB yang masih terus digeber kesiapannya.

Stasiun KCJB Halim dilihat dari LRT JabodebekKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Stasiun KCJB Halim dilihat dari LRT Jabodebek
Kemudian kereta tiba di Stasiun LRT Jati Mulya pada pukul 10.20 WIB. Artinya, waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jati Mulya adalah sekitar 50 menit.

Lalu rombongan pindah peron dan kembali masuk ke kereta dari Stasiun Jati Mulya pukul 10.30 WIB menuju Stasiun Dukuh Atas dengan waktu tiba tepat pukul 11.20 WIB.

Selama perjalanan, terdapat 2 orang cleaning service yang menyapu dan mengepel lantai kereta setiap awal keberangkatan.

Baca juga: Mengenal Teknologi Komunikasi KCJB, Biasa Dipakai Kereta Api di Eropa

Juga terdapat 3 orang security dan 1 orang intendant yang bertugas mengontrol lajunya kereta sesekali waktu.

Interior kereta didominasi warna putih tulang untuk dinding, warna biru untuk kursi penumpang, warna abu-abu untuk handgrip penumpang, dan warna hijau untuk lantai.

Interior LRT JabodebekKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Interior LRT Jabodebek

Pintu kereta tidak presisi

Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (INSTRAN), Deddy Herlambang pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap realisasi proyek transportasi umum yang telah lama ditunggu ini.

Kendati demikian, masih terdapat sejumlah hal di LRT Jabodebek yang perlu diperbaiki demi kenyamanan dan keamaan bersama.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com