Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa ITB Raih Gelar “Designer of The Year” di AYDA Awards 2022/23

Kompas.com - 16/07/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Arya Putra berhasil meraih gelar Designer of The Year di ajang AYDA International Awards 2022/23.

Dalam kompetisi desain berskala internasional yang dihelat di Vietnam, Jumat (14/7/2023) tersebut, Arya dinobatkan sebagai pemenang dengan karya “Silih HUB" dalam kategori Desain Interior.

Setelah melalui proses penjurian secara nasional, para kontestan maju ke babak Grand Final dimana mereka bertarung dengan kontestan lain yang berasal dari 16 negara.

Baca juga: Nippon Boyong Dua Mahasiswa ke Ajang AYDA Awards 2022/2023

Arya merupakan perwakilan dari Indonesia. Ia menuju Vietnam bersama pemenang di ajang nasional lainnya yakni mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Salsabila Novitasari yang mewakili Indonesia dalam kategori Arsitektur.

Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, Linda Kam, mengungkapkan dirinya sangat bangga karena Arya berhasil meraih penghargaan utama sebagai Designer of The Year dalam Grand Final AYDA International Awards 2022/23 di Vietnam.

“Melihat potensi yang begitu besar dari generasi muda kita tentu saja Nippon Paint memberikan dukungan seluas-luasnya bagi calon arsitek dan desainer interior masa depan yang telah menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah global,” jelas Linda.

AYDA Awards telah diluncurkan sejak tahun 2008 oleh Nippon Paint guna memotivasi mahasiswa dan mahasiswi arsitek dan desainer interior untuk menciptakan dunia yang lebih baik melalui kekuatan desain.

Baca juga: Desain Interior Kantor Modern Kontemporer, Berkelas, dan Elegan

Kompetisi tahun 2022/23 diadakan dengan mengusung tema 'Converge: Pushing the Reset Button' berpusat pada kebutuhan desainer dalam memberikan solusi bagi masyarakat untuk membantu mengatasi kehidupan pasca pandemi.

Tantangan bagi desainer generasi berikutnya adalah menciptakan desain yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan membiarkan alam berkembang, sambil mendorong proses peremajaan diri.

Sebagai pemenang Designer of The Year 2022/23, Arya mendapatkan apresiasi berupa beasiswa “Design Discovery Program” senilai 10,000 Dolar AS (Rp 150 juta) di Harvard University's Graduate School of Design selama tiga minggu di Boston, Amerika Serikat.

Sementara itu, untuk kategori Arsitektur di ajang yang sama dimenangkan oleh Tsai Pei-Chi dari National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan.

AYDA Awards 2022/2023 telah menerima 5184 karya dari 921 perguruan tinggi yang tersebar di 16 lokasi geografis.

Di Indonesia sendiri, ajang ini menyumbangkan 409 karya, yang semakin memperkuat reputasi Ayda Awards sebagai penghargaan yang diakui di kalangan profesional desainer baik secara nasional maupun internasional.

Arya menyampaikan merupakan kehormatan dan kebangaan baginya untuk lolos ke babak grand final ajang internasional Ayda International Awards. Terlebih ia berhasil meraih Designer of The Year.

“Berhasil meraih Designer of The Year, sungguh menjadi anugerah yang luar biasa. Karena tentunya tidak mudah untuk bersaing dengan kontestan lain dari berbagai negara yang karya-karyanya juga sangat luar biasa,”jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com