Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Interior dan Kelengkapan Kereta Penumpang KCJB

Kompas.com - 04/07/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Penumpang pada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai diuji coba tanpa penumpang.

Hal itu merupakan rangkaian uji coba lanjutan yang digelar KCIC usai sebelumnya menjalankan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi dengan kecepatan hingga 350 km/jam.

Dikutip dari laman KCIC pada Selasa (04/07/2023), Kereta Penumpang ini bertipe KCIC400AF, alias sama dengan Kereta Inspeksi namun berbeda fungsi, interior, dan eksteriornya.

Kereta Penumpang ini juga memiliki nama Red Komodo atau Komodo Merah. Hal itu didasari dari rangkaian yang berwarna merah serta bentuknya yang terinspirasi dari hewan khas Indonesia dari zaman prasejarah itu.

Baca juga: Meski Beda Fungsi, Kereta Inspeksi dan Penumpang KCJB Bisa Digandengkan

Eksterior Kereta Penumpang yang berwarna abu-abu dan merah ini juga terinspirasi dari sisik Komodo yang tercermin dalam corak segitiga pada hidung dan pintu-pintu kereta.

Kereta Penumpang berfungsi untuk melayani penumpang dengan fasilitas tempat duduk hingga 601 penumpang.

Terdapat 11 rangkaian Kereta Penumpang KCJB yang telah tiba seluruhnya di Indonesia. Saat ini seluruhnya juga terparkir di Depo Tegalluar.

Tampilan kursi First Class pada Kereta Penumpang KCJB.Dok. PT KCIC Tampilan kursi First Class pada Kereta Penumpang KCJB.
Satu rangkaian Kereta Penumpang terdiri dari 8 kereta dengan total panjang 208 meter yang memiliki tiga kelas pelayanan, yaitu First Class di kereta 1 & 8, Business Class di kereta 7, dan sisanya adalah Premium Economy.

First Class memiliki 18 tempat duduk berwarna abu-abu dengan susunan 2-1, kursi berbahan faux leather, berbordir batik mega mendung.

Tampilan kursi Business Class pada Kereta Penumpang KCJB.Dok. PT KCIC Tampilan kursi Business Class pada Kereta Penumpang KCJB.
Business Class memiliki 28 tempat duduk berwarna merah dengan susunan 2-2, berbahan faux leather, bermotif laser cut batik mega mendung.

Premium Economy memiliki 555 tempat duduk berwarna abu-abu dan biru dengan susunan 3-2, berbahan suede, bermotif printing batik mega mendung.

Tampilan kursi Premium Economy pada Kereta Penumpang KCJB.Dok. PT KCIC Tampilan kursi Premium Economy pada Kereta Penumpang KCJB.
Fasilitas penunjang lainnya yang tersedia dalam kereta penumpang pada KA Cepat diantaranya stop kontak, televisi, meja lipat, dan toilet yang ramah untuk pengguna berkebutuhan khusus.

Terdapat juga mini bar di tengah-tengah rangkaian untuk penumpang yang ingin membeli makanan ringan serta minuman dingin dan panas.

Tampilan toilet pada Kereta Penumpang KCJB.Dok. PT KCIC Tampilan toilet pada Kereta Penumpang KCJB.
Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti menyampaikan, Kereta Penumpang KCJB dibuat senyaman mungkin agar penumpang menikmati perjalanan sesuai kelas yang diinginkan.

"Kami terus mempersiapkan pengoperasian KA Cepat relasi Jakarta-Bandung sebaik mungkin bersama seluruh stakeholder. Bagi masyarakat yang hendak mencoba KA Cepat agar dapat menunggu informasi resmi dari KCIC. Hal ini dikarenakan sampai saat ini tata cara dan skema pendaftaran masih dalam pembahasan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com