Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Tinggi Pagar Rumah yang Ideal? Cek di Sini

Kompas.com - 04/07/2023, 17:22 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tinggi pagar rumah yang ideal perlu diketahui masyarakat agar fungsinya sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi pagar sesuai kebutuhan yang dimaksud seperti keamanan, privasi, serta keselarasan secara visual dengan bangunan rumah.

Apabila tinggi pagar rumah tidak diperhitungkan, tentu akan berakibat pada tidak terpenuhi secara maksimal fungsinya.

Melansir dari situs Home Garden Guides, tinggi pagar rumah yang ideal berkisar antara 4 kaki (setara 121,92 centimeter) sampai 6 kaki (setara 182,88 centimeter).

Ketinggian pagar tersebut idealnya cukup untuk bagian depan rumah. Karena sudah bisa membatasi pergerakan anak-anak agar tidak keluar area rumah saat bermain.

Baca juga: Rekomendasi Material Pagar Rumah Minimalis yang Tahan Lama

Apalagi dengan ketinggian ini, visual lanskap rumah masih bisa disuguhkan atau terlihat oleh orang dari luar area rumah.

Tinggi pagar rumah yang mencapai 6 kaki (setara 182,88 centimeter) ini juga sudah cukup bisa mempersulit orang luar atau penyusup masuk ke area rumah tanpa izin.

Kendati demikian, apabila Anda ingin memaksimalkan fungsi keamanan dan privasi pada pagar rumah, baiknya menambah ketinggian.

Tinggi pagar yang dimaksud berkisar antara 6 kaki (setara 182,88 centimeter) sampai 8 kaki (setara 243,84 centimeter).

Ketinggian pagar tersebut sudah sangat bisa mencegah orang luar masuk atau bahkan melihat ke dalam area rumah tanpa izin.

Namun secara umum, tinggi pagar 6 kaki (setara 182,88 centimeter) sampai 8 kaki (setara 243,84 centimeter) biasa digunakan untuk bagian belakang atau samping rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com