Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda Diminta Siapkan Angkutan Penghubung ke Stasiun LRT Jabodebek Terdekat

Kompas.com - 05/07/2023, 05:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah (Pemda) di kawasan Bodetabek diminta siapkan sejumlah angkutan penghubung menuju stasiun LRT Jabodebek terdekat.

Sementara, sejumlah stasiun yang berada di DKI Jakarta sudah terhubung dengan jaringan transportasi umum yang sudah beroperasi telebih dahulu.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Pemeberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, semua kawasan perumahan di Bodetabek idealnya memiliki jaringan layanan angkutan umum menuju stasiun LRT Jabodebek terdekat.

"Supaya dapat meringankan biaya transportasi, maka diperlukan tarif terintegrasi moda transportasi," tutur Djoko dalam rilis, Senin (4/7/2023).

Djoko menuturkan, jika Pemda di Bodebek tidak bisa menyiapkan angkutan penghubung yang layak, maka Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bisa meminta bantuan PT Transjakarta atau PO Bus swasta.

Baca juga: Layanan LRT Jabodebek Tak Bisa Bersifat Tunggal, Ini Alasannya

Hal ini dilakukan demi memgoperasikan bus dari sejumlah kawasan perumahan di Bodebek menuju stasiun LRT Jabodebek terdekat.

Adapun sebentar lagi, masyarakat di kawasan Jabodebek akan merasakan pengalaman menjadi penumpang moda transportasi massal teranyar, Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek.

Hal ini menyusul akan dilakukannya uji coba terbatas LRT Jabodebek dengan penumpang pada 12 Juli 2023 mendatang dengan tarif sebesar Rp 1.

Rencananya, tepat pada HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang jatuh pada 17 Agustus 2023, LRT Jabodebek akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com