Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digabung dengan KRL Jabodetabek, Penumpang LRT Tembus 1,7 Juta Orang

Kompas.com - 30/06/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika beroperasi nanti, Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek akan menampung 1,7 juta penumpang per hari apabila digabung dengan KRL Jabodetabek.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, penumpang LRT Jabodebek mampu mengangkut hingga 500.000 penumpang per hari.

Sedangkan KRL Jabodetabek dapat mengangkut 1,2 juta penumpang setiap harinya.

"Kami ingin pastikan konektivitas melalui angkutan massal ini dapat dilakukan lebih baik, sehingga masyarakat yang beralih ke angkutan massal semakin banyak," tutur Budi dikutip dari laman Kemenhub, Jumat (30/6/2023).

Sebab, ongkos yang harus dibayar dinilai Budi sangat tinggi apabila menggunakan kendaraan pribadi.

"Kalau naik LRT bisa lebih murah, cepat, tidak macet dan bebas polusi," ucapnya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Risal Wasal menyebut per Juni 2023, keseluruhan proses persiapan dan pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 95,09 persen dan menyisakan pekerjaan terkait kalibrasi sistem operasi.

Baca juga: Kesiapan LRT Jabodebek Capai 95 Persen, Izin Operasi Bakal Keluar Juli

“Kami juga tengah melakukan serangkaian pengujian untuk memastikan aspek keselamatan terpenuhi, sehingga dapat segera dikeluarkan izin operasinya," ucap Risal.

Pihaknya berharap agar proses tersebut berjalan lancar dan sesuai target agar masyarakat bisa segera menikmati layanan LRT Jabodebek.

Izin operasi ditargetkan dapat dikeluarkan pada Juli ini. Sehingga, dapat dilakukan ujicoba operasi atau soft launching sebelum nantinya beroperasi secara komersial pada Agustus.

Selain kesiapan operasional LRT Jabodebek, integrasi antarmoda layanan LRT Jabodebek dengan moda transportasi lainnya juga tengah disiapkan.

Integrasi antarmoda merupakan salah satu aspek penting yang harus disiapkan sebelum dioperasikan.

Hal ini sesuai dengan tujuan dari pembangunan LRT Jabodebek yaitu menyediakan pelayanan transportasi yang terintegrasi, ramah lingkungan, dan mendukung pembangunan di wilayah di Jabodebek.

Layanan moda transportasi lain yang akan terhubung dengan LRT Jabodebek di antaranya Transjakarta, bus kota, KRL, MRT, Jaklingko, angkot, dan moda lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com