Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesiapan LRT Jabodebek Capai 95 Persen, Izin Operasi Bakal Keluar Juli

Kompas.com - 28/06/2023, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek direncanakan bakal menjalani uji coba operasional terbatas pada 12 Juli 2023 dengan tarif Rp 1 bagi penumpang.

Kemudian, pada 18 Agustus 2023 diharapkan sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beroperasi secara komersial.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal menyampaikan, per Juni 2023, keseluruhan proses persiapan dan pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 95,09%, serta menyisakan pekerjaan terkait kalibrasi sistem operasi.

"Kami juga tengah melakukan serangkaian pengujian untuk memastikan aspek keselamatan terpenuhi, sehingga dapat segera dikeluarkan izin operasinya," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kemenhub, Rabu (28/06/2023).

Baca juga: Menhub: Naik LRT Jabodebek, Waktu Tempuh Lebih Cepat Daripada Lewat Tol

Kemenhub pun menargetkan izin operasi LRT Jabodebek sudah dapat dikeluarkan pada Juli 2023.

Sehingga dapat dilakukan uji coba operasional atau soft launching, sebelum nantinya beroperasi secara komersial pada Agustus 2023.

"Kita harapkan prosesnya berjalan lancar dan sesuai target agar masyarakat bisa segera menikmati layanan LRT Jabodebek,” tuturnya.

Selain kesiapan operasional LRT Jabodebek, integrasi antarmoda antara layanan LRT Jabodebek dengan layanan moda transportasi lainnya juga tengah disiapkan.

Layanan moda transportasi lain yang akan terhubung dengan LRT Jabodebek, diantaranya yaitu Transjakarta, bus kota, KRL, MRT, Jaklingko, angkot, dan moda lainnya.

Khusus di Stasiun LRT Halim akan terhubung dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KJCB) dan beberapa moda lainnya seperti Transjakarta, Royaltrans, serta taksi dan travel yang sudah disiapkan tempat pemberhentiannya secara khusus.

Pada pembangunan tahap 1 ini, LRT Jabodebek melayani tiga lintasan yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com