Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batam Bakal Bangun LRT, Lelang Proyek Ditargetkan Akhir 2023

Kompas.com - 26/04/2023, 10:40 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam bakal membangun transportasi modern berupa Light Rail Transit (LRT) di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

“Perencanaannya sudah kami bahas, dan doakan saja rencana tersebut bisa secepatnya terealisasi,” ujar Kepala BP Batam H Muhammad Rudi, saat menggelar Open House, Selasa (25/4/2023).

Rudi mengatakan saat ini Batam sebagai kota baru dan modern tengah berkembang pesat, bahkan giat membangun infrastruktur jalan dan pelabuhan untuk meningkatkan ekonomi.

“Setelah jalan selesai dan pelabuhan selesai, saya ingin menyiapkan transportasi massal berbentuk LRT di Batam,” terang Rudi.

Baca juga: Pemerintah Telah Guyur PMN Rp 10,1 Triliun demi KCJB dan LRT Jabodebek Beroperasi 18 Agustus

Pembangunan LRT dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan dan menjadikan Batam sebagai kota yang modern.

Sebab, pembangunan jalan hingga lima lajur, jika tidak diimbangi dengan transportasi massal, akan berdampak pada kemacetan dalam beberapa tahun ke depan.

Hal ini juga untuk mengakomodasi mobilitas penduduk Batam yang terus bertambah, dan peningkatan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“LRT kami siapkan agar ke depan Batam bisa lebih modern dan tidak semrawut,” tucap Rudi.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Ariastuty Sirait menambahkan, proyek LRT ini telah masuk ke proses penyiapan dokumen atau tahap perencanaan proyek.

“Proses ini ditargetkan akan rampung pada bulan Mei 2023 mendatang,” terang Tuty.

Setelah selesai, selanjutnya akan masuk ke tahap penyiapan dokumen lelang yang kurang lebih akan memakan waktu tiga hingga lima bulan.

“Sehingga lelang ditagetkan akhir 2023,” pungkas Tuty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com