Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seputar Rencana Uji Coba LRT Jabodebek dengan Penumpang, Kuota serta Mekanisme Pelaksanaannya

Kompas.com - 08/06/2023, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek rencananya bakal melangsungkan uji coba terbatas dengan penumpang mulai 12 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023.

Kegiatan semacam soft launching itu dilakukan menyongsong rencana operasional penuh secara komersiil pada 18 Agustus 2023.

Adapun progres pembangunan transportasi perkotaan berbasis rel itu telah mencapai 92,34 persen pada pertengahan Mei 2023.

Sementara itu, LRT Jabodebek juga sedang dalam proses trial run atau uji coba tanpa penumpang sejak 15 Mei 2023 hingga 11 Juli 2023.

Baca juga: Kabar Gembira! 12 Juli 2023, LRT Jabodebek Mulai Beroperasi

Kembali mengenai rencana uji coba terbatas LRT Jabodebek dengan penumpang mulai 12 Juli 2023, berikut beberapa hal yang patut diperhatikan masyarakat:

Kuota Penumpang

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardoyo menyampaikan, jumlah masyarakat yang mengikuti uji coba dibatasi.

Kuota peserta soft launching maksimal sebanyak 150 orang dalam satu kali perjalanan.

Namun, dia belum dapat memastikan dalam satu hari akan dilakukan berapa kali perjalanan sehingga total kuota peserta soft launching LRT Jabodebek masih belum dapat dipastikan.

"Ya nanti, kami masih bahas di internal kita akan berapa perjalanan yang dimungkinkan untuk soft launching," katanya saat media gathering di Kantor Pusat KAI, Bandung, Rabu (7/6/2023).

Masyarakat Harus Mendaftar Dulu

Masyarakat yang hendak mengikuti proses uji coba terbatas LRT Jabodebek harus mendaftar secara online terlebih dahulu.

Nantinya ada link pendaftaran yang dibagikan melalui media sosial resmi LRT Jabodebek pada 10 Juli 2023. Salah satunya Instagram @lrt_jabodebek.

"Nanti masyarakat bisa akses medsos kita kemudian nanti di situ ada link, bagi masyarakat yang hendak ikut uji coba terbatas ini nanti mereka bisa mendaftarkan di situ," ujar Kuswardoyo.

Baca juga: Pemerintah Telah Guyur PMN Rp 10,1 Triliun demi KCJB dan LRT Jabodebek Beroperasi 18 Agustus

Besaran Biaya

Pada soft launching ini, masyarakat akan dikenakan biaya Rp 1 dengan sistem pembayaran non-tunai (cashless).

Dengan demikian, masyarakat perlu menyiapkan kartu uang elektronik untuk melakukan pembayaran saat tapping masuk stasiun.

"Sehingga nanti kami bisa melihat apakah sistem yang kita gunakan itu bisa berjalan atau tidak, normal atau tidak. Makanya, kemudian kami terapkan sistem Rp 1 pada saat nanti kita melakukan uji coba nanti," tandasnya.

Titik Pemberangkatan

Nantinya para peserta soft launching LRT Jabodebek akan diberangkatkan dari tiga titik, yaitu Stasiun Harjamukti di Depok, Stasiun Jatimulya di Bekasi, dan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Selatan.

Penulis: Isna Rifka Sri Rahayu | Editor: Yoga Sukmana; Aprillia Ika

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com