Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Bakal Renovasi JIS untuk Piala Dunia U-17

Kompas.com - 30/06/2023, 08:48 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan siap merenovasi Jakarta International Stadium (JIS) untuk perhelatan Piala Dunia U-17 bila diperlukan.

Ajang kompetisi sepak bola kelas dunia tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 10 November 2023-2 Desember 2023.

Menurut Basuki, akses dan parkir menjadi masalah utama yang perlu diperhatikan dalam renovasi JIS.

Pasalnya pada konser musik musisi tanah air beberapa waktu lalu, banyak penonton yang mengalami kesulitan untuk pulang dari JIS.

Namun demikian, Basuki akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir.

"Saya akan berkoordinasi dengan beliau secepatnya. Kalau memang perlu direnovasi, direnovasi," tutur Basuki, seperti dikutip dari Antara, Jumat (30/6/2023).

Basuki menyatakan bahwa puluhan stadion yang sebelumnya sudah disiapkan untuk menyambut Piala Dunia U-20 juga siap digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U-17.

Baca juga: Anies Klaim JIS Cetak Banyak Rekor di Bidang Konstruksi, Ini Kata HAKI

Total ada 26 stadiun yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 kala itu, dengan 6 di antaranya merupakan stadion utama yang terletak di Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Bali, dan Palembang.

Pembangunan puluhan stadion tersebut sudah memenuhi standar FIFA, mulai dari struktur bangunan, rumput lapangan hingga pencahayaan.

"Kalau untuk U-20 dulu itu sudah siap, tapi stadion-stadion itu sudah dipakai. Bapak Ketum PSSI mengatakan bahwa FIFA akan datang lagi untuk melakukan pengecekan," tandas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com