Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Mudik 2023, Basuki Minta BUJT Tambah Kantong Parkir di Rest Area

Kompas.com - 28/06/2022, 13:38 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menambah kantong parkir dan toilet umum di rest area.

Menurutnya, keterbatasan area parkir menjadi penyebab banyak pengemudi yang memarkir kendaraan di bahu jalan dan mengakibatkan kemacetan.

Sehingga Menteri Basuki berharap, penambahan area parkir bisa terealisasi sebelum masa Mudik Lebaran 2023.

"Sehingga sebelum masa Mudik Lebaran 2023, saya minta kantong parkir tambahan sudah dapat terealisasi," katanya, mengutip rilis, Selasa (28/6/2022).

Selain itu, BUJT juga diminta untuk melakukan penataan lanskap dan beautifikasi di ruas-ruas tol operasional.

Baca juga: Pengemudi, Waspadai Hal Ini Ketika Berkendara di Tol Cipularang

Hal ini diwujudkan lewat pengecatan marka jalan, median atau pembatas, gantry, pintu tol dan gardu agar terlihat lebih rapi, bersih serta tidak kumuh.

Di sisi lain, Menteri Basuki menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh BUJT yang telah berkontribusi mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Jelasnya, kelancaran agenda tahunan yang sempat tidak dilaksanakan karena merebaknya Covid-19 di Indonesia itu tak terlepas dari peran Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri.

“Apresiasi disampaikan Bapak Presiden Jokowi pada Ratas Kabinet serta dari Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR-RI pada saat Raker Evaluasi Mudik Lebaran 2022 minggu lalu," Menteri Basuki kembali menjelaskan.

Menurutnya, secara garis besar masyarakat merasa puas dengan pelayanan jalan tol selama Mudik Lebaran 2022.

Baca juga: Lokasi Makam yang Direlokasi Merupakan Junction Tol KLBM

Kendati demikian, masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dievaluasi bersama demi kelancaran Mudik Lebaran 2023 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com