Genap Berusia 17 Tahun, BPJT Ingin Wujudkan “Better Governance”

Kompas.com - 28/06/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) genap berusia 17 tahun pada Selasa (28/6/2022).

Memasuki usia yang baru, BPJT memiliki sejumlah komitmen termasuk fokus untuk mewujudkan “Better Governance”.

“Kita akan fokus ke better governance untuk mempertahankan kepercayaan publik dan masyarakat,” ujar Ketua BPJT, Danang Parkesit dalam wawancaranya bersama Kompas.com.

Baca juga: Sederet Proyek KPBU Jalan Tol Siap Ditawarkan, Nilainya Ratusan Triliun

Selain itu, menurut Danang, BPJT juga terus mendorong adanya inovasi teknologi dan inovasi pembiayaan sebagai strategi dalam mengatasi hambatan investasi termasuk melakukan de-risking atau eleminiasi risiko pada investasi asing di sektor jalan tol.

Jalan Tol Manado-Bitungbpjt.pu.go.id Jalan Tol Manado-Bitung

De-risking akan dilakukan pada country level dan pada project level. Kalau di country level, itu domain nya otoritas fiskal dan moneter. Kalau pada project level, ada risiko konstruksi, risiko lahan, risiko finansial, dan risiko efisiensi operasi,” paparnya.

“Masing-masing harus di-unpack, di-manage dan dimitigasi risikonya,” tambah Danang.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.Dok. PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS). Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Hingga Juni 2022, tercatat sudah ada 2.493,42 kilometer jalan tol yang telah beroperasi di Indonesia dan tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Sulawesi.

Di seluruh rangkaian jalan tol tersebut, terdapat 481 gerbang tol (GT) dan 120 tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area.

Baca juga: Membandingkan Panjang Jalan Tol Indonesia dengan China dan Malaysia

Jalan tol di Indonesia pertama kali ada pada tahun 1978, dengan dioperasikannya jalan tol Jagorawi dengan panjang 59 km yang menghubungkan Jakarta, Bogor, dan Ciawi.

Hingga kini terdapat 66 ruas tol yang telah resmi beroperasi seluruhnya dan 30 ruas tol sedang dalam tahap konstruksi. Seluruh jalan tol ini dikelola oleh 55 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.