Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telan Rp 9 Miliar, Tiga Jembatan Gantung di Jatim Kelar Dibangun

Kompas.com - 15/06/2022, 11:36 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan tiga jembatan gantung di Jawa Timur (Jatim) telah selesai dilakukan Kementerian PUPR.

Meliputi Jembatan Gantung Brungkah di Desa Karangrejo Kabupaten Pacitan, Jembatan Gantung Kowel Kabupaten Pamekasan, dan Jembatan Gantung Macanbang Kabupaten Tulungagung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jembatan gantung sebagai salah satu infrastruktur kerakyatan akan memperlancar mobilitas dan memangkas waktu tempuh antar desa.

Di mana sebelumnya harus memutar jauh karena terpisah oleh kondisi geografis, seperti lereng, bukit, jurang, ataupun sungai.

Baca juga: Lampaui Situ Gunung, Jembatan Gantung Rengganis Terpanjang se-Asia Tenggara

"Hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (15/06/2022).

Tiga jembatan gantung di Jatim selesai dibangun.Dok. Kementerian PUPR Tiga jembatan gantung di Jatim selesai dibangun.
Pembangunan ketiga jembatan tersebut dilaksanakan sejak Agustus 2021 dan rampung pada Maret 2022 dengan anggaran tahun jamak sebesar Rp 9,9 miliar dalam satu paket kontrak pekerjaan.

Jembatan Gantung pertama yang diselesaikan adalah Jembatan Gantung Brungkah di Desa Karangrejo Kabupaten Pacitan dengan panjang 84 meter.

Manfaat jembatan gantung ini akan langsung dirasakan masyarakat setempat sebagai akses penghubung antar desa.

Tiga jembatan gantung di Jatim selesai dibangun.Dok. Kementerian PUPR Tiga jembatan gantung di Jatim selesai dibangun.
Jembatan gantung selanjutnya yang juga telah selesai adalah Jembatan Kowel di Kabupaten Pamekasan dengan panjang 60 meter. Menghubungkan Kelurahan Kowel menuju Kelurahan Gladak Anyar.

Jembatan gantung ini sekaligus sebagai pengganti Jembatan Kowel yang rusak akibat diterjang banjir pada Januari 2021 lalu.

Terakhir, Jembatan Gantung Macanbang di Kabupaten Tulungagung dengan panjang 42 meter. Mempermudah akses jalan warga terutama yang bekerja sebagai petani untuk menuju ke area persawahannya dan akses dari Desa Macanbang ke Desa Gondosuli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com