Lampaui Situ Gunung, Jembatan Gantung Rengganis Terpanjang se-Asia Tenggara

Kompas.com - 23/05/2022, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Status jembatan gantung pejalan kaki terpanjang se-Asia Tenggara nampaknya beralih ke lokasi lain.

Yakni Jembatan Gantung Rengganis atau Rengganis Suspension Bridge di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Akses penghubung bagi wisatawan Kawah Rengganis.

Diketahui, sebelumnya predikat itu tersemat pada Jembatan Gantung Situ Gunung di Kabupaten Sukabumi yang memiliki panjang 243 meter.

Baca juga: Menilik ke Sukabumi, Ada Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara

Pengelola Rengganis Suspension Bridge Marcel menyampaikan, Jembatan Gantung Rengganis membentang sepanjang 370 meter dengan ketinggian 75 meter.

Melihat perbandingan keduanya, dia pun menyebut bahwa jembatan penghubung menuju Kawah Rengganis itu merupakan terpanjang se-Asia Tenggara.

"Setahu saya begitu (jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara), karena belum ada lagi yang lebih panjang," ujar Marcel kepada Kompas.com, Sabtu (21/05/2022).

Jembatan Gantung Rengganis membentang di atas hutan serta sungai yang berada di kaki Gunung Patuha. Baru dilakukan soft opening pada 3 Mei 2022 lalu.

Rengganis Suspension Bridge, wisata baru di Rancabali, Bandung yang diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di AseanDok. Instagram @rengganissuspensionbridge Rengganis Suspension Bridge, wisata baru di Rancabali, Bandung yang diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asean
Terkait material, pihaknya menggunakan kawat siling baja pada jembatan gantung pejalan kaki itu. Diimpor dari luar negeri dan telah melalui hasil uji coba serta penelitian dari pabrik.

Sementara untuk lantai dasar jembatan menggunakan kayu ulin atau besi yang didatangkan dari Kalimantan.

Baca juga: Baru Dibuka, Intip Jembatan Gantung Pejalan Kaki Terpanjang di Dunia

"Kami datangkan dari Kalimantan, kami belanja sudah dalam bentuk papan. Kayu ulin sendiri terkenal dengan kekuatan dan kelenturan, jadi kuat tapi lentur," tandas Marcel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.