Kompas.com - 24/05/2022, 06:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem transaksi non-tunai dan nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol bakal diterapkan dengan menggunakan Cantas pada akhir 2022.

Cantas merupakan aplikasi untuk pembayaran non-tunai yang bisa diakses pengguna jalan tol melalui smartphone (gawai pintar).

"Jadi, untuk aplikasi itu namanya Cantas, itu adalah aplikasi pintar yang digunakan nantinya dalam penerapan MLFF," kata Danang dalam acara Digital Payment Innovation beberapa waktu lalu.

Cantas merupakan aplikasi pintar yang didesain dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS).

Baca juga: Lika-Liku Transaksi Tol Nir-Sentuh MLFF, Diprakarsai Asing hingga Penegakan Hukum yang Disangsikan

Aplikasi ini memungkinkan pengguna kendaraan untuk melakukan pembayaran hanya dengan melalui gawai.

Dengan penerapan sistem transaksi non-tunai ini, maka tak akan lagi dijumpai gerbang tol (GT) di Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Terkait penggunaan Cantas, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP) sistem transaksi tol MLFF berencana membuatnya sebagai aplikasi bebas kuota internet.

Perwakilan RITS Emil Iskandar menyampaikan, aplikasi ini tentu akan bersinggungan dengan pemakaian kuota internet.

Untuk itu, pihaknya sedang mengawali proses untuk melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia.

"Karena, nanti kita menjadikan Cantas itu adalah aplikasi yang boleh dikatakan bebas kuota. Tetapi, nantinya model bisnisnya seperti apa dengan operator itu yang sedang kita pikirkan," ujar Emil dikutip dari Antara, Jumat (20/05/2022).

Baca juga: Jadi Aplikasi Transaksi MLFF, Cantas Direncanakan Bebas Kuota Internet

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.