Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lampaui Situ Gunung, Jembatan Gantung Rengganis Terpanjang se-Asia Tenggara

Yakni Jembatan Gantung Rengganis atau Rengganis Suspension Bridge di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Akses penghubung bagi wisatawan Kawah Rengganis.

Diketahui, sebelumnya predikat itu tersemat pada Jembatan Gantung Situ Gunung di Kabupaten Sukabumi yang memiliki panjang 243 meter.

Pengelola Rengganis Suspension Bridge Marcel menyampaikan, Jembatan Gantung Rengganis membentang sepanjang 370 meter dengan ketinggian 75 meter.

Melihat perbandingan keduanya, dia pun menyebut bahwa jembatan penghubung menuju Kawah Rengganis itu merupakan terpanjang se-Asia Tenggara.

"Setahu saya begitu (jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara), karena belum ada lagi yang lebih panjang," ujar Marcel kepada Kompas.com, Sabtu (21/05/2022).

Jembatan Gantung Rengganis membentang di atas hutan serta sungai yang berada di kaki Gunung Patuha. Baru dilakukan soft opening pada 3 Mei 2022 lalu.

Sementara untuk lantai dasar jembatan menggunakan kayu ulin atau besi yang didatangkan dari Kalimantan.

"Kami datangkan dari Kalimantan, kami belanja sudah dalam bentuk papan. Kayu ulin sendiri terkenal dengan kekuatan dan kelenturan, jadi kuat tapi lentur," tandas Marcel.

Selain itu demi keamanan, setiap pengunjung yang melintas akan dilengkapi tali yang terikat dengan sling baja. Juga membatasi jumlah yang melintas sebanyak 70 orang.

Dalam pembangunannya, pihak perancang dan pengelola juga berkonsultasi dengan Balai Penelitian dan Pengembangan Struktur Jembatan Kementerian PUPR.

"Bulan ini, akan keluar hasil pengujian dari Kementerian PUPR, seperti jembatan gantung Situ Gunung juga ada sertifikatnya. Tapi, secara kasat mata sudah dari Kementerian PUPR kemarin sudah dicek pertama, oke," pungkasnya.

Penulis : Ulfa Arieza | Editor : Anggara Wikan Prasetya

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/23/152305621/lampaui-situ-gunung-jembatan-gantung-rengganis-terpanjang-se-asia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke